--> Skip to main content

Artikel Tips, Trouble Kekurangan dan Kelebihan dari Toyota Sienta

Artikel Tips, Trouble Kekurangan dan Kelebihan dari Toyota Sienta
Artikel Tips, Trouble Kekurangan dan Kelebihan dari Toyota Sienta
 1. Inilah Penyebab Alarm Mobil Cepat Rusak – Pada remot alarm mobil mempunyai peranan yang sangat penting. Dengan adanya remot alarm ini bisa membantu anda supaya terhindar dari aksi kejahatan yang kerap terjadi yang mengakibatkan kendaraan anda hilang di curi ataupun lainnya. Pada umumnya ketika alarm di pencet atau di tekan maka pintu mobil akan secara otomatis terkunci  dengan adanya bunyi.

Nah, jika semua pintu mobil sudah terkunci, maka alarm yang sudah ada di dalam mobil tersebut sudah aktif dan akan melindungi mobil anda dari kejahatan, dan pada saat mobil di starter maka alarm ini juga akan berbunyi karena telah menerima ketaran berlebihan di modul alarm. Akan tetapi terkadang ada sejumlah remot alarm yang tidak bekerja dengan baik atau sudah mengalami kerusakan. Lalu apakah penyebabnya ? Ada beberapa hal yang telah menyebabkan remot alerm tidak bekerja atau sudah rusak, yaitu :

Penyebab Alarm Mobil Cepat Rusak

    Tombol Remot Alarm Sudah Rusak

Kerusakan pada tombol remot alarm biasanya di sebabkan karena sudah memakan usia yang cukup lama sehingga kualitasnya menurun. Salah satunya yaitu pada karet keypad nya yang rusak. Penyebab lainnya yaitu terjatuh dan terendam air juga bisa menyebabkan remot alarm monil mengalami kerusakan.

    Baterai Pada Remot Alarm Sudah Habis

Sumber listrik yang berada di remote Alarm yaitu menggunakan daya baterai. Jelas jika sudah terlalu lama maka daya baterai yang ada dalam remote Alarem tersebut akan berkurang dan pastinya anda harus menggantinya yang baru. Biasanya kekuatan baterai yang berada di remote alarem mobil bisa bertahan hingga satu tahun.

    Terjadinya Gangguan Frekuensi Alarm

Hal tersebut biasanya di sebabkan oleh BTS, Pemancar radio, kamera CCTV dan juga logam protektor. Gangguan tersebut biasanya terjadi hanya di tempat tempat tertentu saja, pada beberapa merek atau tipe mobil. Terutama yang mempunyai frekuensi yang mendekati sama dengan frekuensi yang berada di lokasi tersebut. Maka solusi yang bisa anda lakukan yaitu memindahkan mobil anda ke tempat yang lain yang mempunyai frekuensi yang berbeda sehingga alarm bisa berungsi normal kembali.

    Penyebab Lainnya Yaitu Modul Alarm Abnormal

Nah, untuk masalah yang satu ini biasanya alarm akan mengeluarkan bunyi terus menerus, sedangkan remote kadang berfungsi kadang tidak. Cara untuk mengatasinya yaitu lepaskan modul alarm supaya alarm sementara tidak aktif, terutama untuk alarm mobil yang modulnya masih terpisah dengan ECU mesin.

Akan tetapi jika modulnya sudah menyatu dengan ECU maka solusi yang bisa anda lakukan yaitu harus pergi ke bengkel untuk melakukan reset atau perbaikan sistem Alarm. Demikianlah informasi yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga bermanfaat.
-------------------------------------------
2. Inilah Masalah Power Steering Yang Sering Terjadi Pada Mobil – Pada jenis mobil keluaran baru biasanya sudah di lengkapi dengan adanya EPS atau yang di sebut dengan Elektric Power Steering sehingga dengan adanya system tersebut kemudi akan lebih ringan. Akan tetapi pada jenis mobil kluaran yang sudah lama biasanya masih menggunakan jenis power steering hidrolik yang menggunakan cairan yang di pompakan sehingga akan memberikan tekanan pada rumah setir.

Pompa di gerakan mesin melalui v-belt. Nah, biasanya pada masalah yang sering terjadi pada system power steering hidrolik yakni terjadinya kebocoran yang di akibatkan oleh ausnya seal/karet pada rumah stir. Sehingga para pengguna kendaraan yang mengalami power steering tersebut harus menambahkan lagi oli power steeringnya setiap saat.

kendala Sistem Power Steering

Berikut ini adalah penyebab yang sering kali terjadi pada Power steering mengalami kebocoran ata rusak :

Pertama yaitu komponen yang sudah termakan usia cukup lama. Pada komponen yang sudah berusia lebih dari lima tahun atau jarak tempuh yang sudah mencapai 100.000 km lebih, masalah yang biasanya terjadi yaitu kebocoran pada seal power steering. Hal tersebut bisa di tandai pada saat mesin hidup dan setir di putar akan ada suara dengung. Nah untuk mengatasinya masalah tersebut untuk sementara waktu, anda bisa melakukan dengan cara menambah oli power steering. Untuk lebih lanjutnya anda bisa mengganti komponen seal atau karet yang sudah mengalami kebocoran, dan juga bersihkan As pegas setir.

Kedua yaitu Pada Boot Rack Steer sudah robek. Hal ini bisa terjadi pada saat melewati jalan yang berkondisi tidak rata atau bergelombang. Karena bahan tersebut terbuat dari bahan karet, maka komponen tersebut akan mudah aus dan rusak atau pecah. Maka dari itu anda jangan membiarkannya terlalu lama karena akan menyebabkan air dan juga kotoran masuk sehingga As Setir akan berkarat atau korosin.

Ketiga yaitu anda salah mengisi cairan. Terkadang sebagian orang mengira bahwa cairan power steering sama dengan cairan untuk rem dan juga kopling. Pada hal jika kita mengetahuinya ke dua cairan tersebut berbeda cara kerja dan fungsinya.

Keempat yakni pemakaian yang tidak wajar. Biasanya mobil yang sering di gunakan untuk balapan, slalom dan drifting atau bisa yang bisa di sebut dengan bermanuver secara ekstrim dan terus menerus pada kecepatan tinggi, akan mengakibatkan tekanan pada cairan sirkuit power steering akan menjadi sangat tinggi dang mengakibatkan panans berlebihan. Ya, semakin sering di gunakan seperti itu, maka selang akan rusak dan bocor.

Untuk melakukan service perbaikan biasanya di butuhkan tiga jam dalam penggantian seal. Untuk biayanya biasanya para bengkel mematoknya dengan harga di kisaran 150 sampai 450 ribu. Akan tetapi jika terdapat kerusakan pada mekanis , yakni misalnya pada As power steering biayanya bisa mencapai 2 Jutaa untuk memperbaikinya.
---------------------------------------
3. Penyebab Ac Mobil Kurang Dingin, Ini Cara Memperbaikinya – Paernahkah Ac pada mobil anda kurang dingin mesiki anda sudah mengaturnya ke suhu yang lebih kecil. Nah jika anda pernah mengalami hal tersebut, maka kami akan menjelaskan penyebab dan cara memperbaiki Ace mobil yang kurang dingin dengan menggunakan elektrik fan Radiator. Penyebab utama terjadinya Ac kurang dingin yaitu, terjadi karena putran fan radiator kurang kencang sehiingga pembuangan panas pada kondensor Ac tidak maksimal atau sempurna. Nah, akibat putaran fan radiator kurang kencang system Ac pada posisi tekanan tinggi sedang mengalami tekanan yang berlebihan.

Hal yang kami jelaskan di atas juga berkaitan pada saat mobil terjebak dalam kemacetan dan akan menyebabkan Ac kurang dingin. Lantas jika anda ngin mengetahui lebih detai lagi anda bisa baca artikel di bawah ini. Jika hal tersebut berlangsung dalam waktu yang sedikit lama akan menyebabkan gas Freon akan bisa keluar sedikit demi sedikit melalui seal atau karet pada sambungan – sambungan pipa atau juga melewati Shaft yang berada pada kompresor dan akan menyebabkan Freon akan berkurang.

Penyebab Ac Mobil Kurang Dingin

Jadi kesimpulannya ialah kerusakan pada fan radiator putaran kurang kencang yang telah menyebabkan tekanan Freon naik nya berlebihan dan mengakibatkan Freon berkurang jika dalam waktu yang lama. Nah kali ini kami akan memberikan tips dan trik cara untuk memperbaikinya.

    Hal pertama yang harus anda lakukan dalam masalah yang kami jelaskan di atas yaitu harus mengganti motor fan radiator atau memperbaiki kerusakan fan radiator dan isi Freon Ac mobil untuk menambah jumlah Freon yang sudah berkurang sebelumnya.
    Selain fan radiator kurang kencang dalam putarannya dan berkurangnya gas Freon, masalah yang sering terjadi yaitu Evaporator mengalami kotor dan berdebu dengan menandakan angin Ac kecil dan filter kabin terlihat kotor. Hal tersebut bisa anda perbaiki dengan mudah yaitu lihat dari selang ac tekanan rendah terlihat berembun, akan tetapi udara ac yang berada di dalam kabin terasa kurang dingin.

Cara untuk memperbaiki Ac mobil yang kurang dingin, yang di tujukan pada poin dua di atas, tentu saja yang pertama ialah periksa kondisi dan bersihkan, atau anda bisa mengganti filter kabin yang terletak di rumah evaporator, biasanya komponen tersebut berada di sebelah kiri dashboard. Dan yang ke dua yaitu ialah membersihkan permukaan evaporator, Kalau filter kabin sudah di bersihkan akan teteapi ac masih kurang kencang.
---------------------------------------
4. Inilah Cara Membersihkan Injektor mobil, Tanpa Harus Membawa Ke Bengkel – Sebelum kali memberikan informasi mngenai cara membersihkan injector mobil EFI dengan alat yang sederhana, adakalanya kami menjelaskan terlebih dahulu fungsi injector pada mobil. Fungsi injector pada mobil yaitu berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar ke dalam ruang silinder.

Alat injector pada mobil akan berpengaruh penting terhadap performa yang di hasilkan oleh mesin, jika injector tersebut tersumbat maka mobil akan mengalami akselerasi yang kurang pada mesin dan mesin juga akan mengakibatkan kendala brebet. Jika hal tersebut terjadi pada mobil anda, anda akan ragu jika anda ingin mendahului mobil yang ada di depan kita pada saat di jalan dan atau RPM pun tidak bisa akan naik di atas 3000 RPM. Itu adalah salah satu contoh yang pernah kami temui.

Nah, untuk membersihkan injector anda bisa melakukannya di bengkel – bengkel mobil yang sudah mempunyai alat Injektor cleaner, sedangkan untuk membersihkan injector mobil sendiri saya kurang sarankan untuk anda, kecuali memang anda sudah pernah membersihkan injector sendiri. Pasalnya ada beberapa hal yang harus anda ketahui untuk perlu melakukannya.

Inilah Cara Membersihkan Injektor mobil sendiri

Berikut ini adalah langkah untuk membersihkan injector pada mobil EFI :

    Pada langkah awal sebelum anda membersihkan injector, perlu anda ketahui terlebih dahulu yakni membersihkan atau mengganti fuel filter atau saringan mensin. Karena jika saringan mensin tersebut tidak terlebih dahulu di bersihkan maka anda akan sia – sia saja karena kotoran pada fuel filter akan kembali naik ke injector.
    Nah, jika anda sudah membersihkan saringan mensin, selanjutnya hidupkan mesin dan setelah mesin hidup bukalah relay fuel pump atau sekring injector, yang intinya pada hal terebut yakni untuk memutuskan arus listrik ke fuel pump bensin. Setelah itu tunggulah beberapa detik sampai mesin mati sendiri yang artinya bahwa sudah tidak ada lagi tekanan pada saluran bahan bakar. Hal tersebut bertujuan supaya sewaktu melepas sambungan pipa bensin atau ketika melepas injector tidak ada bahan bajar yang tumpah.
    Matikan mesin melalui kunci kontak dan lepaskan terminal aki negative. Yang harus anda perhatikan bahwa melepas aki terkadang ada beberapa item yang perlu di seting ulang.
    Langkah selanjutnya yaitu bukalah pipa fuel delivery atau yang biasa di sebut juga dengan selang bensin yang dekat dengan injector. Nah, untuk mencopot injector atau embuka injector tergantung kontruksi mesin, pasalnya setiap mesin mobil berbeda – beda kontruksinya ada yang mudah dan ada juga yang sulit untuk di lepas.
    Ketika anda membuka injector dari delivery pipe haruslah hati – hati jangan sampai ada seal injector yang rusak, cacat atau juga putus. Jika seal injector rusak anda bisa membelinya di bengkel – bengkel mobil mobil atau bengkel Ac Mobil, biasanya banyak seal yang sesuai tingga anda bawa contohnya saja seal yang sudah rusak tersebut.
    Jika injector sudah anda lepaskan, langkah selanjutnya yaitu anda buka dengan hati – hati seal injector jangan sampai rusak. Seal injector di buka supaya seal injector tidak terkena cairan pembersih injector yang masi merusak karet atau seal injector.
    Langkah selanjutnya yaitu bersihkan bagian luar permukaan injector dengan pembersih injector atau yang sering di sebut juga dengan Injektor cleaner, biasanya pada ujung – ujung injector banyak menempel karbon.
    Karena di sini kami memberikan topik cara membersihkan injector mobil sendiri, langkah selanjutnya adalah pasang adaptor yang sudah di buat seperti di bawah ini. Pasang injector cleaner, dan siapkan aki dengan daya listrik 12v, pasanglah salah satu kabel negative aki dan ujungnya pasang ke salah satu terminal injector, kemudian pasang kabel satu lagi ke terminal injector yang lain.

Inilah Cara Membersihkan Injektor mobil

    Biasanya pada injector mobil EFI mempunyai dua terminal, yakni di antaranya terminal positif dan juga negative, Ketika anda memasang soket kabel ke kedua terminal injector, bungkus soket tersebut dengan emnggunakan solasi untuk mencegah konsleting, karena ke dua terminal tersebut bberdekatan. Jika bisa gunakanlah soket khusus untuk menyambung kabel injector.

Tekanlah injector cleaner supaya terisi cairan pembersih bertekanan di dalam adaptor injector, Pastikan juga adaptor sudah di klem dengan kuat, dan hati – hati juga agar cairan pembersih tidak mengenai mata anda atau gunakanlah kacamata untuk melindunginya.

Jika cairan pembersih injector pertekanan sudah masuk dalam adaptor, maka langkah selanjutnya yaitu putus kabel satunya yang berada di injector ke terminal aki positif atau bisa pergunakan dengan saklar, proses pembersian lubang kecil injector pun di mulai.

Semprotan injector cleaner akan kelur saat kabel positif injector di hibungkan ke terminal aki positif. Perhatikan cairan bembersih injector yang keluar harus terlihat lebut dan juga baik. Lakukanlah pembersihan injector tersebut satu per satu. Dengan membersihkan semua injector mobil anda sedidaknya harus memerlukan satu sampai dua botor injector cleaner.

Setelah injector sudah bersih, pasang kembali dengan hati – hati dan pasang juga seal injektornya. Pasang injector ke fuel delivery pipe dan pasang kembali injector ke mesin dan pasang juga beberapa perlengkapan mesin yang tadi telah anda bongkar.

Terakhir cobalah anda rasakan perbedaan tenaga setelah injector di bersihkan dengan sebelum injector di bersihkan. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda. Terimakasih.
---------------------------------------

5. Inilah Penyebab Air Radiator Cepat Habis – Pernahkah anda mengalami hal di bawah ini dalam komponen Radiator pada kendaraan, yakni telah berkurang air radiatornya. Hal tersebut biasanya ada beberapa hal penyebabnya, nah kali ini kami spekengine.com akan member tahukan penyebab kenapa Air radiator sering habis atau berkurang pada mobil.

Nah, berikut ini ialah beberapa penyebab yang mengakibatkan Air Radiator habis atau berkurang dan hal yang harus anda periksa saat menemui coolant atau air radiator mobil selalu kering dan juga habis.

Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu cek tutup radiator, biasanya pada tutup radiator ini sudah lemah, diakibatkan kerusakan pada karet atau seal yang berada di tutup radiator sehingga air radiator akan lebih cepat berkurang karena air radiator mengalir ke tabung air cadangan sebelum tekanan buka tutup pressure valve terbuka sebelum pressure valve menutup pada tutup radiator tercapai. Nah, cara untuk mengecek tutup radiator silahkan and abaca di bawah ini.

Yakni pada tutup radiator terdapat tetesan air dari selang radiator atau saluran air pendingin mesin, tetesan air tersebut biasanya akan keluar sedikit demi sedikit ketika mesin hendak di hidupkan yang mencirikan adanya kebocoran pada air radiator.

Penyebab lainnya yaitu pada putaran kipas radiator sudah lemah, untuk komponen kipas radiator elektrik biasanya terjadi kerusakan pada komponen motor listrik atau juga motor cooling fan.

Air Radiator Cepat Habis

Diantara penyebab putaran kipas radiator menjadi melemah yaitu :

    Komponen carbon brush sudah mulai habis atau juga komutator sudah habis terkikis.
    Pada gulungan kawat email di motor sudah terlihat hangus.
    Magnet motor cooling fan bergeser atau lepas.
    Jika kipas radiator menggunakan relay tambahan, biasanya skun pada kaki relay kurang baik pada sambungannya atau juga biasanya kabel yang di gunakan kurang baik sambungannya atau kabel yang di gunakan ukurannya kecil dengan indikasi kabel akan terasa panas.
    Nah, jika kipas radiator mobil anda menggunakan Visco fan radiator, maka anda harus mengambil contoh saja seperti Isuzu Panter Pick Up Diesel, kemungkinan adalah aciran di dalam kopling kipas radiator terbuang ke luar atau Visco Fan telah mengalami kerusakan.

Penyebab selanjutnya yaitu terjadinya kebocoran pada kompresi mesin. Hal tersebut biasanya pada saat tutup radiator di buka sambil emsin hidup, akan terdapat gelembung yang tidak mau berhenti dan ketika mesin di gas air radiator pada radiator akan menyembur keluar.

Selain itu juga kebocoran pada pak kop mesin tidak akan terlihat secara fisik, itulah sebabnya terkadang kita penasaran, kenapa air radiator cepat berkurang padahal tidak ada kebocoran. Akan tetapi anda bisa lihat dari gejala mesin yang terkadang berebet atau busi yang terlihat basah dan oli mesin terlihat bercampur dengan air. Nah, untuk hal tersebut bisa anda lihat di bawh ini.

Air Radiator atau Coolant tidak bersirkulasi , hal tersebut kemungkinan akibat Thermostat tidak membuka pada saat temperature kerja mesin sudah mencapai 85 – 90 drajat selsius sehingga suhu mesin sudah melewati titik didih namun air radiator belum saja bersirkulasi, salah satu contohnya yaitu pada mobil BMW 318i produksi 2003, hal tersebut bisa kita lihat dari perbedaan suhu yang jauh, yang terdapat pada radiator di karenakan thermostat mengalami kebengkokan.
-----------------------------

6.Pintu Mobil Tidak Bisa Dibuka Dari Dalam ? Ini Solusinya – Selamat datang kembali di redaksi spekengine.com. Kali ini kami akan membahas pintu yang tidak bisa di buka dari dalam. Untuk sebagian orang pasti pernah mengalami hal tersebut. yakni tidak bisa membuka pintu mobil dari dalam. Seperti yang telah anda ketahui sendiri bahwa pintu mobil ini telah terdapat fitur Child Lock atau bisa di sebut juga dengan Indoor Lock. Maka dari itu pintu mobil anda tidak mengalami kerusakan. Hal tersebut hanya di akibatkan oleh pintu yang tidak bisa di buka dari dalam karena adanya fitur Child Lock yang di aktifkan.

Fitur Child Lock ini adalah bagian dari kelengkapan keselamatan pada mobil yang memiliki empat pintu. Hal tersebut berguna untuk mencegah penumpang membuka pintu saat kendaraan sedang melaju. Penumpang yang kami maksud ialah anak – anak yang duduk di kursi belakang tidak bisa membuka pintu dari dalam. Fitur tersebut membantu untuk mencegah atau menghindari anak – anak yang tidak sengaja atau karena rasa ingin tahu membuka pintu ketika mobil sedang berjalan.

Pintu Mobil Tidak Bisa Dibuka Dari Dalam

Cara untuk mengaktifkan kunci Child Lock atau kunci pengaman anak ini di lakukan dengan memindahkan tuas pengaman yang di letakkan dibagian pintu yang hanya bisa di lakukan pada saat pintu sedang terbuka. Maka dari tidak ada yang bisa membukanya kecuali sang pengemudinya sendiri.

Mungkin beberapa orang mengatakan bahwa fitur tersebut bukanlah hal yang baru dalam pengaman yang terdapat di pintu mobil, Akan tetapi bagi sebagian yang lainnya mungkin belum mengetahuinya bahwa di pentu mobil telah terdapat fitur kunci Child Lock seperti itu.

Intulah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda. Semoga info di atas bermanfaat untuk anda dan keluarga anda dalam masalah keamanan dalam berkendara. Jika ada kekurangan kata atau ada salah kata kami mohon maaf. Terimakasih.
----------------------------------

7. Inilah Ciri – Ciri Busi Mengalami Kerusakan – Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ciri – ciri busi yang sudah mengalami kerusakan. Seperti yang telah kita kutahui bersama bahwa busi ialah komponen yang sangat peting bagi kendaraan untuk langkah awal menghidupkan motor. Komponen tersebut bertugas untuk menghasilkanpercikan bunga api listrik untuk membakar campuran bahan bakar yang sudah tercampur dengan udara di ruang silinder kendaraan. Busi mampu bekerja dalam suhu dan tekanan yang tinggi.

Karena busi ini berkaitan langsung dengan mesin, busi bisa di pakai untuk mengetahui dan mencari penyebab kendala pada mesin kendaraan. Maka, ketika pada saat anda membersihkan busi, anda bisa sekaligus memeriksa atau mengecek, apakah kondisi mesin masih dalam keadaan baik atau tidak, cukup dengan mengamati bagian dari kepala busi.

Ciri Busi Mengalami Kerusakan

Ciri – Ciri Busi Rusak :

Jika kendaraan masih di katakan normal yakni pada ujung insulator dan elektroda busi yakni berwarna abu – abu terang atau bisa juga berwarna coklat kemerah merahan. Hal tersebut menunjukan kondisi dan penyetelan mesin serta waktu terjadinya pengapian dalam keadaan baik, dan masih sesuai dengan keadaan setelan pabrikan.

Jika anda melihat pada ujung insulator, elektrodda dan juga busi tertutup dengan jelaga hitam, maka sisa pembakaran yang kering akan tetapi lembut, solusi yang bisa anda lakukan yaitu sebaiknya anda cek atau lakukan pemeriksaan setelan atau injeksi, mekanisme cook, filter udara dan kalau bisa anda ganti dengan busi yang sesuai, karena kemungkinan besar ada yang kurang pas pada bagian – bagian tersebut. Pasalnya jika komponen tadi mengalami masalah tersebut maka akan menyebabkan asap kendaraan mobil atau motor anda akan berwarna hitam, bensin menjadi boros dan terkadang susah ketika di starter saat mesin dalam keadaan dingin.

Selain itu pernahkah anda mengalami mesin mobil anda tersendat atau lambat dalam berakselerasi ketika kendaraan sedang membawa muatan penuh, atau pada knalpot mengeluarkan bunyi yang menembak karena bahan bakar tidak terbakar secara sempurna jika iya, maka anda harus mengecek busi pada kendaraan anda, pasti ujung insulatornya terlihat warna kuning sedikit coklat muda dan terkadang juga akan terlihat warna hijau sedikit basah. hal tersebut telah menunjukan bahwa bensin dan oli telah tercampur bahan lain seperti air atau juga penggunaan bahan adiktif yang kurang pas.

Maih banyak contoh – contoh tampilan busi yang telah menunjukan apakah masih bagus dan atau sudah tidak bagus pada kondisi kendaraan. Akan tetapi anda jangan lupa untuk merawat busi yang berada di kendaraan anda, agar tetap awet. Beberapa ahli mekanik telah menganjurkan supaya busi selalu di bersihkan setelah mobil berjalan jika sudah 2.500km dan di ganti setelah 10000km sampai 15000km.
-----------------------------------

8. Inilah Penyebab dan Cara Memperbaiki Booster Rem – Setelah sebelumnya kami memberikan informasi mengenai Tpis dan Trik Mengecat Velg Mobil, kali ini kami akan kembali menginformasikan topik yang berbeda yaitu Cara memperbaiki booster rem yang mengalami kebocoran. Sebelumnya jika anda belum mengetahui fungsi dari booster rem, kami akan memberi tahukan terlebih dahulu pengertian dari booster rem. Booster rem yaitu ialah alat yang menggunakan perbedaan antara mesin vacuum dan tekanan atmosfer untuk menghasilkan suatu tenaga yang kuat/pendorong daya yang begitu propesional pada tenaga penekan pedal untuk mengoprasikan sistem pengereman. Booster rem telah menggunakan vacuum yang menghasilkan pada bagian mesin intake (Pompa vacuum yang berada di mesin diesel).

Salah satu yang bisa membuat rem bagel ialah bocornya servo atau rem booster. Jika hal tersebut mengalami kebocoran pada rem booster maka bisa jadi mobil akan susah untuk lansam. Hal tersebut di karenakan adanya, daya vacuum yang berada di booster rem di dapati dari manifold In yang tettunya merupakan saluran aliran bbm/bahan bakar di sedot oleh komponen piston. Gejala yang sering terjadi pada boster rem yang mengalami bocor ialah adanya suara desis udara pada rem yang berada di kendaraan mobil.

Memperbaiki Booster Rem

Cara Memperbaiki Booster rem yang Bocor :

Anda harus mengetahui bahwa pada servo atau booster rem telah terdapat beberapa seal karet. Maka dari itu bisa saja seal karet pada booster rem bisa mengalami kebocoran. Karet tersebut sebenarnya rentan terhadap kemunduran sifatnya. Maka dari itu bagian tersebut harus di rawat demi keamanan dalam pengereman.

    Karet/seal boster rem atau servo

Jika komponen tersebut mengalami kebocoran, biasanya di akibatkan karena sobek. Nah, jika anda ingin mengetahuinya, anda harus membongkarnya.

    Tempat Seal Servo Bagian Belakang

Jika bagian tersebut mengalami kebocoran, maka akan menimbulkan suara mendesis dari bagian tersebut. Jika anda ingin memperbaikinya anda harus membongkarnya, karena seal terpasang di bagian dalam.

    Sambungan atara rumah boster rem bagian depan dan belakang

Bagian tersebut bisa juga mengalami kebocoran, di karenakan pernah di buka dan saat di pasang kembali tidak pas atau tidak rata dalam pemasangannya. Pada bagian tersebut juga bagian lingkar luar karet servo di jepit oleh ke dua bagian.

    Tempat Dudukan Selang servo atau Booster rem

biasanya karet yang sudah mengalami longgar pada bagian tersebut bisa mengakibatkan masalah kebocoran juga. Bagian tersebut adalah bagian seal yang paling gampang untuk anda lepas dan menggantinya. Karena anda tidak usah untuk membongkar servo atau boster rem, anda hanya cukup membuka penahan dan congkel keluar maka sudah bisa mengetahui bocor apa tidak. Jika anda membuka master rem lalu anda injak pedal rem maka akan keluar udara bocor.

Nah, demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda, mengenai cara mengetahui penyebab dan cara memperbaiki boster rem yang bocor. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda. dan Mohon maaf jika informasi yang kami berikan kurang lengkap atau ada salah kata. Terimakasih.
---------------------------------

9. Tpis dan Trik Mengecat Velg Mobil Sendiri Dengan Mudah – Selamat datang kembali sobat spekengine ? Apakan anda baik – baik saja. Kali ini kami akan memberikan informasi terbaru yakni mengenai cara mengecat velg mobil sendiri dengan mudah dan benar. Seperti yang anda ketahui jika mengecat velg sendiri dengan benar maka akan menghasilkan tampilan yang menjadi karya seseorang yang profesional. Mengecat velg mobil sendiri tentunya akan mengirit biaya pengeluaran ketimbang kita mengecat di pengecatan mobil yang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Jika anda ingin mewarnai velg mobil sendiri, maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan supaya pengecatan yang anda lakukan pada velg mobil bisa menghasilkan tambpilan yang bagus dan baik.

Cara yang bisa anda gunakan untuk mengecat velg mobil ialah cat kaleng yang bisa langsung anda gunakan dengan cara di semprotkan atau cat pylox. Untuk mendaatkan cat tersebut sangatlah mudah, anda bisa membeli cat tersebut di toko modifikasi mobil atau di bengkel – bengkel yang menjual cat atau piylox. Cat kaleng sangatlah mudah untuk di gunakan, namun ada beberapa teknik tertentu yang harus anda lakukan supaya warna velg mobil anda bisa terlihat bagus. Lantas alat – alat apa sajakah yang harus di siapkan dalam pengecatan velg mobil ? Berikut ini kami berikan informasinya.

Mengecat Velg Mobil Sendiri Dengan Mudah
Inilah Alat – Alat yang harus anda persiapkan untuk mengecat Velg Mobil :

    Pertama Ampelas halus, akan tetapi jangan yang terlalu halus, biasanya yang sering di gunakan adalah ampelas no. 800
    Detergen atau sabun cuci
    Lakban dan juga koran
    Cat kaleng instan tinggal semprot atau cat piylox dengan warna silver atau putih untuk warna dasarnya. dan pilihan waran anda serta clear untuk menginclongkan velg mobil anda.

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam pengecatan vleg mobil ialah dengan membuka velg mobil anda, namun jika anda malas untuk membuka velg mobil tidak masalah, Setelah itu anda cuci terlebih dahulu velg mobil dengan menggunakan sabut atau detergen hingga bersih. Setelah velg sudah bersih dan sudah tidak ada kotoran ataupun debu yang menempel, anda bisa langsung mengampelas velg mobil tersebut sampai permukaan velg menjadi sedikit kasar, Namun jika anda ingin menghilangkan cat mobil anda bisa menggunakan soda api agar lebih mudah menghilangkan cat bawaan pada velg mobil anda.

Setelah semua permukaan velg mobil suda anda ampelas semua, lap kembali velg hingga tidak ada kotoran yang menempel setelah itu tutup ban mobil dengan menggunakan koran atau lakban, Akan tetapi jika velg mobil anda lepas dari ban, anda tidak usah melakukan cara tersebut. Nah, Jika ban sudah tertutup rapih dengan koran, anda bisa langsung memulai pengecatan velg mobil, pertama tama dengan menggunakan cat warna dasar yaitu bisa menggunakan car berwarna putih atau silver. Semprotkan cat sedikit demi sedikit secara merata, dan usahakan jangan terlalu tebal, hal tersebut untuk menghindari cat menjadi meleleh.

Nah, jika cat dasar yang anda semprotkan sudah mengering, maka anda bisa melanjutkan dengan menyemprotkan warna sesuai pilihan anda untuk velg mobil yang anda di atas warna dasar yang sudah kering tadi, Semprotkan sedikit demi sedikit hingga merata. dan terakhir yaitu jika cat sudah kering bisa anda langsung semprotkan cat clear supaya velg mobil menjadi kinclong. Demikianlah tips dan trik mengecat velg mobil sendiri dengan mudah.
--------------------------------

10. Inilah Cara Mengganti Cross Joint As Kopel atau Krishapel Dengan Mudah – Salamat dating kembali sobat spekengine, kembali lagi di redaksi kami. Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai ciri – ciri komponen cross jount As Kopel yang sudah mengalami kerusakan/rusak, yakni terdengar bunyi ketika berlangsung sentakan pada saat kendaraan bergerak dari kondisi diam, ataupun pada saat anda menginjak gas setelah langkah meurunkan gas terdapat bunyi di kolong kendaraan anda. Lantas Bagaimanakah cara untuk memperbaikinya ? Kita simak saja informasi di bawah ini

Inilah Cara Mengganti Cross Joint As Kopel yang Rusak :

Pada awalnya, dongkrak mobil. Yakinkan terlebih dahulu bahwa kendaraan aman atau tidak berkerak. Setelah itu buka keempat mur yoke yang berada di sisi belakang. Setelah itu anda kendorkan baut flens kopel dari as diferensial garden.

Selanjutnya anda harus mencopot ke dua sisi propeller tersebut dengan langkah menarik, gunakan saja dengan tangan, sehingga pada As kopel dan flens bisa terpisahkan.

Cara Mengganti Cross Joint As Kopel

Supaya mudah, bawa kopel ke tempat yang sedikit luas. Setelah membawa ke tempan yang agak luas lalu anda buka ke delapan ring atau klip yang berada pada sambungan flens dan yoke. Gunakanlah tang snap ring dan juga obeng min untuk mencongkel dan tarik keluar.

Sebelum anda melepas komponen Joint, tandai terlebih dahulu Yoke dan juga as kopel dengan menggunakan spidol. Hal tersebut di maksudkan agar pada saat memasang kembali anda tidak merasa kebingungan pas pada posisi semula. Lantas kendorkan nipel pada batangnya.

Untuk melepas bearing pengikatnya, anda harus mengetok flans nya. Dan lanjutkan pada semua sisi dengan langkah yang sama seperti itu hingga ke empat bantalan terlepas. Gunakanlah alat bantu pemegang jepit agar tidak berubah ketika di ketok/pukul.

Nah, jika kedua spider atau yang di sebut dengan Cross Jiont sudah lepas, bersihkan yoke, flens dan juga gerigi sambungan. Supaya lebih sip, gunakanlah hikat kawat plus bensin atau bisa juga dengan solar untuk membersihkan dari kotoran dan bemuk. Jangan lupa setelah di bersihkan lalu keringkan dengan menggunakan lap atau di semprot dengan udara kompresi.

Supaya mudah untuk memasangnya, berilah sedikit gemukatau stempelt di bagian gerigi sambungannya. Selanjutnya berikan juga di dalam bantalan barunya. Setelah itu barulah anda pasang X-Joint baru ke as kopel dan di lanjutkan ke yoke nya. Setelah itu masukan juga bantalannya. Ketok lagi dengan menggunakan palu atau ujung kunci T sampai merata. Jangan lupa juga untuk mengunci lagi, dengan menggunakan snap ring. Dan selanjutnya pasang nipel pada Cross Joint dan Yoke ke posisi semula.

Selanjutnya jangan lupa, pasang kembali nipel ke posisi awal dan beri gemuk atau stemplet pada ke empat ujungnya. Gunakanlah alat pompa gemuk untuk memasukannya, setelah itu pasang kembali rangkaian komponen kopel yang sudah di rangkai tadi. Langkahnya sama seperti setep awal di atas tadi.

Demikianlah tips dan trik cara mengganti Cross Joint As kopel yang rusak. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.
------------------------
11. Mesin Dompeng Atau Diesel Susah Dihidupkan ? Inilah Tips dan Trik perbaikan – Selamat dating kembali di redaksi spekengine.com. Kali ini kami akan memberikan tips dan trik mengenai bagai mana cara memperbaiki dan mengakali mesin diesel duduk/mesin dompeng yang susah untuk di hidupkan pada saat keadaan mesin dingin. Mesin diesel duduk yang kami terangkan yaitu seperti Kubote, Yanmar, Dongfang dan juga lainnya. Mesin tersebut seringkali banyak di gunakan untuk industry atau juga pabrikan sekala kecil.

Untuk menghidupkan mesin jenis ini tidak menggunakan system starter, jadi jika mengalami susah di hidupkan, maka anda akan merasa kesusahan ataup merasa payah karena tenaga anda terkuras untuk mengengkolnya. Lantas apa penyebabnya jika mesin tersebut sudah di hidupkan ? dan bagai manakah cara untuk memperbaikinya ? Brikut ini spekengine.com akan memberikan tips dan tyriknya untuk memperbaiki mesin diesel duduk atau dompeng yang susah di hidupkan.

mesin dompeng susah hidup
Inilah Cara Memperbaiki Mesin Diesel Yang Susah di Hidupkan :

Langkah awal yang harus anda lakukan yaktu, kita mulai dengan mencari penyebab mesin diesel susah di hidupkan ketika panas.

    Kompresi Mengalami Kebocoran

Masalah tersebut bisa di sebabkan akibat klep atau katup yang sudah mengalami bocor, gasket atau yang sering juga di sebut dengan paking silinder head bocor, atau juga bisa ring piston dan juga boring yang sudah mengalami ke ausan.

    Nozle

Nozle atau juga yang di sebut dengan pengabut bahan bakar sudah mengalami kerusakan dan mengakibatkan bahan bakar tidak mengabut dengan sempurna.

    Injektor atau pompa solar Rusak

Jika komponen tersebut telah mengalami kerusakan maka akan mengakibatkan kurangnya tekanan atau malah tidak memompa solar . Jika masalah tersebut terjadi maka masin sama sekali tidak bisa hidup.

    Adanya kebocoran yang mengakibatkan saluran bahan bakar kosong

Jika anda belum mengetahuinya bahwa mesin diesel tidak menggunakan percikan api dari busi untuk pengapian, melainkan mesin diesel mengandalkan busi pijar untuk membakar bahan bakar yang di kabutkan menggunakan udara panas haril kompresi, maka dari itu jika kompresi kecil maka mesin akan susah hidup.

Nah, dari beberapa poin di atas yang sudah kami jelaskan gejala pada poin tiga dan poin empat itu akan ditandai saat memutar slenger mesin maka tidak akan terdengar bunyi semprotan solar di nozzle, Bunyinya yang jika kita putar slenger akan ada bunyi “KEK”

jIka tidak ada masalah pada saluran bahan bakar, Injektor dan nozzle yang di tandai dengan adanya bunyi tersebut saat di start maka lakukanlah tips ini biar anda tidak kepayahan untuk menghidupkan masin diesel yang suka ngadat dan susah untuk di hidupkan.

    Paertama anda buka tutup saringan udara
    Lalu masukan oli masin atau solar ke lubang manifold udara yang tutupnya sudah di buka tadi, kira – kira 1 sampai 2 tutup botol mesin.
    Setelah itu cobalah anda putar slenger atau start mesin
    Jika hal tersebut masih saja belum hidup, lakukanlah langkah tadi sekali lagi dan di jamin akan hidup.

Lantas bagaimana caranya untuk memperbaiki supaya normal kembali ? Cara untuk memperbaikinya ya anda harus membuka dan mengecek kerusakan, seperti cek kebocoran apakah piston ting aus atau boring aus, dan atau juga klep mengalami kebocoran. Selain itu anda juga harus mengecek Nozle, apakah mengabut secara sempurna atau tidak. Akan tetapi Jika anda malas, ya lakukan saja tips di atas.
-------------------------------------
12. Inilah Cara Memperbaiki Gardan Mobil Yang Berdengung Atau Kocak – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara menghilangkan suara dengung garden pada kendaraan mobil. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Differential atau yang di sebut juga dengan Gardan yakni untuk meneruskan tenaga mesin yang di salurkan ke poros roda. Permasalahan pada gardan biasanya terdengar suara dengung ketika saat anda membawa mobil dengan kecepatan tinggi. Penyebabnya yaitu karena pada jarak bebas antara gigi Crown Whel dan juga Gigi pinion jaraknya terlalu renggang akibat terjadinya keausan. Nah, untuk mengetahui apakah terdapat setelan jarak bebas antara Gigi pinion dan gigi Crown Whel. Pada bunyi tersebut juga bisa di akibatkan oleh kedua gigi tersebut sudah rusak ataupun sudah mengalami keausan yang terjadi pada gigi dan juga ring gigi bolu – bolu Gear differential. Atau bisa juga malah karena kualitas oli yang sudah tidak berkualitas atau sudah jelek.

Terkadang kebanyakan orang jarang melakukan perawatan dan juga pengecekan pada bagian gardan pada saat keadaan normal. Padahal tidak sulit untuk merawat gardan. Untuk mencakup dalam hal perawatan gardan pada dasarnya Cuma memastikan apakah oli yang berada dalam gardan masih dalam keadaan baik atau sudah tidak baik. Solusinya yaitu cukup mengganti oli secara rutin saja untuk setiap 10000 km. dan biasanya pada saat pengantian oli gardan ini bersamaan dengan menggantinya oli transmisi.

Bagi anda yang bingung untuk memilih oli gardan yang baik, kami akan memberikan solusi yang tepat untuk memilih oli gardan yang baik. Umumnya pada kendaraan atau mobil lawas spesifikasi untuk oli gardannya yaitu SAE 140. Akan tetapi bukan hanya oli dengan SAE 140 saja. Untuk mobil yang sering di gunakan di dalam perkotaan maka di sarankan untuk menggunakan oli gardan dengan SAE 75-90 atau bisa juga dengan 80W90. Jika anda pernah melihat di jenis mobil pribadi atau sejenisnya, pada gardan beberapa jenis mobil agar merekomendasikan untuk menggunakan oli gardan dengan SAE 90.

Hal tersebut biasanya tertulis pada rumah gardan. Adapun kendaraan mobil yang sudah menggunakan gardan yang sudah di lengkapi dengan fitur Limited Slip Differential (LSD) untuk jenis yang satu ini agar di sarankan untuk memakai oli gardan dengan spesifikasi khusus untuk model gardan LS. Akan tetapi jika anda merasa bingung, cobalah anda buka buku user manual atau coba lihat di kolong mibil yang anda miliki. Biasanya pada bagian belakang gardan telah tertulis spesifikasi oli yang harus anda gunakan untuk gardan mobil tersebut.

gardan berdengung

Nah bagaimanakah jika gardan mobil anda mengeluarkan bunyi dengung dan anda merasa tidak nyaman mendengar suara tersebut.
Berikut ini kami berikan solusi untuk memperbaiki gardan yang berdengung :

Untuk memperbaiki gardan yang berdengung maka anda harus menyetel ulang jarak bebas antara gigi Crown Whel dan juga gigi pinion nya, dan juga mengganti komponen – komponen yang sudah rusak. Komponen yang biasanya sering mengalami keausan yaitu ring gigi bolu – bolu yang biasa sering di sebut di daerah kami. Nah, untuk melakukan penyetelan gardan, maka anda harus membongkar gardan tersebut, akan tetapi sebelum memutuskan untuk membongkar gardan, alangkah baiknya anda terlebih dahulu melakukan pengecekan terhadap oli gardannya. Apakah oli berkurang atau tidak dan dalam kondisi baik atau tidak. Nah, jika sudah melakukan penggantian oli gardan dengan SAE 140 namun masih tetap saja mengeluarkan bunyi dengung maka anda harus menyetel ulang gardan mobil anda. Akan tetapi masih ada alternatif lain untuk menghilangkan suara dengungnya saja.

Jika anda ingin menghilangkan dengungnya saja tanpa harus membongkar gardan yakni dengan cara, ganti dengan oli gardan dengan oli yang kental (oli kobok atau oli curah) oli tersebut sangat kental seperti stemplet yang meleleh. Dan anda juga bisa memasukan stemplet pada oli gardan tersebut. Cara ini sering kali di pakai pada gardan yang gigi Crown Whel dan gigi pinion cacat yang harus di lakukan penggantian, akan tetapi masih di pakai.

Cara untuk mengganti oli gardan dengan oli yang sangat kental memang bisa mengatasi masalah bunyi dengung pada gardan, namun ingat hal tersebut tidak memperbaiki gardan dalam artian sebenarnya. Kenapa bisa dikatakan tersebut ? karena gardan yang mengeluarkan bunyi mendengung tersebut tandanya ada komponen yang sudah mengalami kerusakan yang perlu anda baiki dan perlu anda setel ulang. dikutip dari www.mechaniconlines.com

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan untuk anda. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.
-------------------------------------------
13. Inilah Penggunaan dan fungsi Relay Pada Kendaraan – Kali ini kami akan membahas tentang fungsi relay dan cara penggunaannya di kendaraan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa rellay merupakan salah satu komponen elektronik yeng dari 2 bagian yaitu elektromagnetik yang berupa kumparan dan juga kontak poin. Secara unum relay bisa di artikan dengan komponen untuk mengalirkan arus listrik dengan arus yang besar dengan memakai kendali listrik dari arus listrik yang kecil.

Oleh sebab itu relay bisa di pakai pada kendaraan seperti pada rangkaian lampu kepala. Seperti pada umumnya relay juga memiliki empat terminal yaitu terminal 30 dan 87 yang sudah berhubungan dengan kontak point dab juga terminal 85 dan 86 yang juga sudah berhubungan dengan elektromagnetik. Nah, untuk lebih jelas terperincinya anda bisa melihat gambar di bawah ini
gambar relay 4 kaki

gambar relay 4 kaki

Relay yang berada di kendaraan yaitu berfungsi sebagai elektromagnetik swictch atau bisa di sebut juga dengan saklar yang telah di kendalikan oleh magnet listrik. Cara kerja pada relay ialah pada saat kumparan atau atau di sebut juga dengan elekrtomagnetik tersebut di alirkan listrik melalui terminal 85 dan 86, maka elektromagnetik ini akan menimbulkan adanya medan magnet.

Nah, kemagnetan itulah yang kemudian menarik kontak pont sehingga terminal 30 dan 87 bisa terhubung. Nah, bagai mana ? anda sudah mengerti kan cara kerja pada relay ? Mungkin gambar di bawah ini bisa membantu anda agar lebih mengerti lagi.
Cara kerja Relay

Gambar Cara kerja Relay

Selain relay 4 terminal ada juga relay yang memiliki 5, 6 terminal dan lain – lain. Prinsip kerjanya juga sama, namun perbedaannya pada kontak pont nya saja yang di perbanyak. Pada relay yang memiliki 5 terminal di relay tersebut terdapat 87 dan 87a, biasanya pada terminal 87a tersebut kebalikan dari terminal 87 artinya saat terminal 87 telah terhubung dengan terminal 30, maka pada terminal 87a terputus dengan terminal 30 begitu juga sebaliknya ya.

Piranti relay di bendakan menjadi 2, yakni relay normaly open dan relay normaly close. Pengertian dari relay normaly open yakni ketika normal atau tidak ada aliran arus listrik yang mengalir ke terminal 85 dan 86 maka pada terminal 87 dan 30 tidak terhubung. Selanjutnya untuk pengertian relay normaly close yakni sebaliknya saat dalam keadaan normal yaitu terminal 85 dan 86 atau yang menuju ke kumparan elekromagnetik tidak di aliri arus listrik, maka pada terminal 30 dan 87 akan terhubung.
Inilah penggunaan relay pada kendaraan

Dengan adanya prinsip kerja relay yang bisa di pakai untuk elektromagnetik switch maka relay bisa di pakai untuk berbagai macam dalam kendaraan. Yakni di antaranya  :

    Bisa membuat lampu pada sepeda motor lebih terang

Pada lampu sepeda motor yang redup bisa di karenakan bertambah besarnya tahanan dalam rangkaian lampu kepala. Hal ini bisa anda akali dengan menggunakan relay. Pada prinsip kerjanya arus listrik dari baterai/aki langsung di alirkan ke lampu kapala melalui terminal 30 dan 87 pada relay. Sedangkan arus listrik yang mengalir melalui rangkaian hanya di pakai untuk menghidupkan elektromagnetik.

    Pembuatan Kunci Pengaman Pada Sepeda Motor

Nah bagi anda yang ingin membuat kunci pengaman pada sepeda motor, anda bisa membuatnya dengan menggunakan relay. Prinsip kerjanya yaitu relay tersebut di gunakan untuk saklar yang memutus dan menyambungkan arus listrik menuju ke koil.



Demikianlah informasi mengenai fungsi relay dan penggunaannya, Semoga bermanfaat untuk anda.
--------------------------
14. Cara Membuka Roda Ban Mobil Dengan Mudah – Cara mudah membuka baut ban mobil yang keras. Untuk mengganti ban mobil yang kempes dengan ban carangan atau juga bisa di sebut dengan ban serep ialah hal yang sangat mudah sekali, tingga ke tukang tambal ban atau ke bengkel. Akan tetapi hal sepele ini akan terjadi masalah ketika anda sedang berada di perjalanan yang sepi dan jauh dari bengkel, sementara anda sendiri tidak bisa membuka baut ban mobil anda sendiri yang begitu keras. Dalam hal tersebut apa yang bisa anda lakukan ??

Bagi anda yang mengalami ban kempes pada mobil anda, dan tidak tau caranya membuka ban mobil, kali ini spekengine.com akan memberikan informasi bagai mana melepas ban mobil yang kempes. Berikut adalah cara melepas ban mobil yang kempes dengan mudah dan cepat.

Cara Membuka Roda Ban Mobil Dengan Mudah

Pertama kendurkan terlebih dahulu baut yang ada pada velg roda

Cari kunci roda yang pas untuk membuka baut pada vleg, selanjutnya condongkan tangkai kunci roda ke arah kiri dan hantam dengan kaki, tangkai kunci roda tersebut ke bawah sehingga terdengan bunyi berderit dan putar sedikit demi sedikit biar longgar, akan tetapi anda jangan mencopotnya baut yang ada pada vlag roda tersebut.

Langkah ke dua yaitu pasanglah dongkrak di bawah rangka mobil yang dengat dengan ban yang akan di lepas

Pada posisi dongkrak haris pas dengan bidang besi rangka mobil dan setelah itu putarlah dongkrak searah jarum jam hingga roda tersebut terangkat beberapa sentimeter, dan jika anda memiliki jeck stand gunakanlah untuk menyangga rangka besi yang dekak dengan roda yang ingin anda buka.

Langkah ke tiga yakni proses pelepasan roda

Setelah melalui proses dongkrak selesai dan roda memiliki cela ruang untuk memasukkan ban serep maka anda mulai melepaskan semua baut pada vlag roda dan tarik roda hingga lepas.

Ban serep

Untuk ban serep, periksalah minimal enam bulan sekali jika tidak mengalami seperti yang saya pernah alami yakni ban serep di turunkan anginnya sudah hilang alias kempes juga. maka dari itu saya tidak jadi memasang ban serep.

Cara memasang roda kembali

Pada langkah ini, anda harus pastikan terlebih dahulu posisi baut pada bantalan roda dengan lubang baut yang terletak pada velg dengan pas/tepat, setelah masuk keempat lubang tersebut tahan dan pasanglah baut satu per satu, setelah sudah di pasang semua bautnya, trunkanlah dongkrak yang tadi anda telah pasang di rangka besi. Hali tersebut agar ketika mengencangkan baut roda tidak ikut berputar. Setelah dongkrak di turunkan lalu barulah anda mengencangkan baut pada roda dengan cara menyilang X (kencangkan baut atas lalu bawah, baut kiri lalu kanan).

Demikian lah informasi yang bisa kami bagikan untuk anda, bagai mana membuka roda mobil dengan mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda yang sedang membutuhkannya.
-----------------------------------
15. Cara Membersihkan Injektor Motor Dengan Mudah – Setelah sebelumnya kami memberikan informasi mengenai cara memperbaiki karburator yang banjir. Nah, kali ini kita beralih ke sistem injeksi pada sepeda motor. Pada sepeda motor dengan sistem injeksi, injektor adalah komponen yang mempunyai fungsi peranan yang sangat penting. Injektor sendiri berfungsi untuk menyemprotkan dan mengabutkan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran. Kita bisa bayangkan kalau saja piranti injektor ini megalami kerusakan, maka proses pengabutan akan terganggu atau tidak maksimal, sehingga menyebabkan performa motor akan menurun.

Terkadang jika sudah parah mesin tidak akan hidup. Maka dari itu anda harus rajin melakukan service di bengkel resmi. Akan tetapi jika anda ingin membersihkan injektor sendiri, sebenarnya ada beberapa cara yang lumayan mudah untuk di lakukan oleh anda sendiri. Bagaimana kah caranya ? berikut akan kami berikan tips dan triknya.

Cara Membersihkan Injektor Motor Dengan Mudah

Cara mudah Membersihkan Injektor Motor

    Membersihkan Injektor dengan Carbon Cleaner

Cara pertama yang paling praktis ialah dengan emnggunakan carbon cleaner seperti yamalub carbon cleaner. Yakni cuma mencampurkan cairan kimia tersebut ke dalam tengki bensin, kotoran yang berada pada injektor akan terkikis hilang. Cara untuk menggunakan nya yaitu sangat mudah sekali, anda tinggal mencampurkan cairan tersebut ke dalam tengki yang sudah berisi bahan bakar/bensin antara 3.5 liter hingga 5 liter dan lakukan setiap 3000 km sekali.

    Membersihkan Injektor dengan Infus

Saat ini sudah banyak bengkel resmi yang menawarkan pembersian injektor dengan cara tersebut. Prosesnya yaitu menjadikan cairan carbon cleaner sebagai bahan bakar lalu di injek menggunakan alat khusus seperti infus. Jadi selang bahan bakar di copot/dilepas kemudian di sambungkan dengan tabung khusus yang sudah di isi oleh carbon cleaner. Pada tabung tersebut di beri udara bertekanan dari kompresor untuk memasukan carbon cleaner ke dalam ruang bakar. Mesin di hidupkan lalu sambil di gas – gas. Cara tersebut hanya memakan waktu krang dari lima menit saja, sampai cairan carbon cleaner habis dan mesin akan mati dengan sendirinya. Metode tersebut bisa di lakukan setiap 10000 km.

    Membersihkan Injektor dengan Injektor Clener

Cara Membersihkan injektor pada sepeda motor yang terakhir ini memang cukup rumit dan hanya bisa di lakukan di bengkel – bengkel resmi. Hal tersebut di karenakan injektor harus di lepas dan kemudian di masukan ke dalam sebuah alat yang bernama injektor cleacer & tester. Nah setelah di masukan ke dalam alat tersebut, maka kita akan mengetahui berapa debit tekanan injektor tersebut. Kalau kurang dari standar maka kemungkinan bisa di sebabkan oleh injektor kotor. Jika injektor kotor maka langkah selanjutnya injektor akan di rendam dengan cairan khusus dan di beri getaran ultrasonic untuk membersihkan kotoran yang berada dalam injektor.

Itulah cara – cara untuk membersihkan injektor pada sepeda motor, Nah jika anda ingin praktis anda lakukan saja cara pertama. Akan tetapi jika anda menginginkan hasil yang maksimal anda bawa saja ke bengkel resmi. Demikianlah informasi yang bisa kami sudahkan untuk anda.
--------------------------
16. Cara Bore Up Harian Motor Honda Tiger, Bisa anda Lakukan Dengan Mudah – Setelah sebelumnya kami membagikan informasi cara bore up motor Yamaha vixion. Kali ini kami akan membagikan informasi lagi masih mengenai sepurar bore up, yaitu bore up Motor Honda Tiger. Nah bagi anda yang memiliki Honda tiger dan ingin menambah kecepatan, anda bisa baca informasi di bawah ini. Seperti yang telah kita ketahui juga bagwa motor tiger adalah motor yang lumayan kekar pada jamannya motor tiger.

Banyak orang yang mengidamkan motor tersebut, walaupun saat ini motor Honda tiger tersalip oleh motor – motor baru dengan mesin berjenis injeksi, namun masih banyak para rider yang masih menggunakan motor Honda tersebut sebagai touting dan juga lainnya. Lantas bagai mana kah cara supaya motor tiger yang anda miliki tenaganya bertambah ? Simak informasinya berikut ini.

Cara Bore Up Mesin Honda Tiger

Bore Up harian Untuk Honda Tiger 206 CC

    Porting Polish dan klep, untuk masalah ini pada porting In dan Ex di benahi arahnya, yakni cukup dengan menghilangkan kulit jaraknya, klep di bubut 1 mm pada bagian payungnya.
    Noken as. Pada Lifter Noken as di rubah menjadi ukuran dengan kisaran 34 milimeter untuk kedua lobe noken nya.
    Piston. Pada piston cukup anda gunakan bawaannya saja atau standar hondanya ov size 50. Jadi nanti tinggal naik sekitar 206 cc saja.
    Kanvas Kopling. Untuk masalah kanfas kopling cukup dengan menggunakan kampas kopling ZX.
    Nah untuk yang lainnya biarkan standar saja.

Bore Up harian Untuk Honda Tiger 210 CC :

    Porting Polish. Ukuran parting sekitar 29,6 milimeter IN 94 persen dari diameter klep In dan 25 milimeter Ex atau 92,7 persen dari diameter klep Ex. Untuk bagian bosh klep nya di perlancar. Pada klep di beri back cut valve.
    Piston. Pada piston standar ov 200 dengan diameter 65,5 milimeter bisa menaikkan kapasitas silinder menjadi 209,7 cc, Rasio pada kompresi nya juga membesar dari yang awalnya 9,0 : 1 naik menjadi 9,5 : 1. Nah jika anda masih kurang, paking di lepas maka rasio kompresinya akan menjadi 10,2 : 1 pas untuk pengeluaran bahan bakar.
    Noken As. Selanjutnya pada durasi noken as standar di rubah agar nafas motor tiger tersebut keluar pada putaran atas. Lift di patok dengan ukuran 7,5 milimeter agar per klep tidak mudah floating. Pada coakan piston juga harus anda cek supaya klep tidak menembak piston.
    Kenalpot. Anda bisa menggunakan kenalpot racing freeflow. Atau juga bisa di umah dengan menggunakan pipa leher knalpot standar dari diameter 29 milimeter menjadi 33 milimeter jika tidak suka dengan kebisingan.
    Pengapian. Sebaiknya anda menggunakan CDI BRT dualband yang di kombinasikan dengan yang tinggal di pasang. Power dan torsi motor akan lebih meningkat, jika perlu anda padukan dengan koil YZ.

Itulah cara untuk menambah kapasitas silinder pada motor Honda tigger. Semoga info di atas bermanfaat untuk anda.
--------------------------
17. Inilah Cara Kerja Sistem Immobilizer, Pada Kendaraan Mobil – Apakah ada mengetahui Immobilizer pada kendaraan mobil ? Nah, bagi anda yang belum mengetahuinya apa itu Immobilizer, Immobilizer ialah sebuah system keamanan pada mobil yang akan melumpuhkan mobil jika anda menggunakan kunci kontak yang salah untuk menghidupkan mesin mobil. Sistem Immobilizer terdiri dari transponder yang berada di anak kunci kontak, Immobilizer Control Unit Receiver lampu indicator, IMOES Unit dan juga ECM atau Engine Control Module serta PCM atau Powetrain Control Module.

Inilah Cara Kerja Immobilizer :

Untuk Cara kerjanya sendiri, system Immobilizer ini yakni pada saat kunci kontak di masukkan ke dalam ignition Switch dan di putar ke posisi On, maka Immobilizer Conrtol Unit Receiver akan mengirimkan sinyal ke transponder di kunci kontak, dan kemudian transponder yang berada di kunci kontak akan mengirim sinyal balik yang berisi mengenai code melalui Immobilizer Control Unit Receiver ke Engine Control Module (ECM).

Cara Kerja Immobilizer

Nah, jika code sesuai dengan code yang telah terdaftar pada ECM dan PCM, maka mesin mobil akan bisa di starter, Namun jika code tidak sama atau tidak di kenal oleh ECM, maka kendaraan tidak bisa di starter atau tidak bisa di hidupkan. Hal tersebut sebagian dari keamanan kendaraan mobil dari pencuri.

Seperti contoh berikut ini, karena ketidak tahuan, seseorang yang baru saja membeli mobil seken yang kebetulan pada mobil tersebut Cuma ada satu kunci. Kawatir pemilik mobil tersebut kuncinya hilang maka orang tersebut membuat kunci serep atau cadangan, namun ketika hendak menghidupkan mobil dengan konci serep tersebut mobil tidak bisa hidup dan tidak bisa starter, hal tersebut karena pada mobil tersebut telah menggunakan system Immobilizer Sebagai pengamanan.

Demikianlah informasi mengenai pengertian dari Immobilizer, dan prinsip cara kerjanya, semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda. dan semakn menambah ilmu tentang dunia otomotif. Terimakasih
-----------------------------
18. Inilah Letak Sekring Audio Tape Pada Mobil Avanza – Jika anda memiliki mobil Avanza yang mengalami masalah pada audio nya yakni tidak bisa hidup atau mati, dan anda bingung untuk mencari dimana letak sekring Audionya karena memang saat ini audio pada mobil Avanza tidak tertulis sebagai sekring audio, Akan tetapi hanya menggunakan nama lain. Nah, untuk memecahkan kebingungan anda dalam mencari sekring audio, kali akan memberikan informasi mengenai letak dan posisi sekring tape mobil yang berada di mobil Avanza.

Pada kebanyakan jenis mobil sekarang untuk sekring audio mobilnya di tulis dengan nama yang gampang di kenali di tutup fusebox atau yang sering kali di sebut dengan tutup sekring, yakni seperti sekring Audio, sekring CIG/Audio, sekring AUD, atau juga tertulis dengan nama sekring radio pada tutup rumah sekring/fusebox.

Pada sekring audio yang terdapat pada mobil Avanza yakni telah di bagi emnjadi 3 bagian yang ke semua 3 bagian sekring tersebut dengan fungsinya masing – masing.

Letak Sekring Audio Tape Pada Mobil Avanza

Daftar Sekring Yang Berhubungan Dengan Sistem Audio Mobil Avanza :

    Sekring Back Up

Sekring tersebut berfungsi untuk memback up memori audio jika sekring back up atau sekring audio tersebut terputus maka tipe mobil tidak bisa hidup

    Sekring Acc

Sekring Acc pada mobil Avanza berfungsi untuk menghidupkan tape mobil pada saat kunci kontak di posisis ACC yang juga bisa di tandai dengan menyalanya jam di dashboard, Nah, jika sekring acc tersebut putus maka jam yang berada di dashboard tidak akan hidup ketika kunci kontak acc dan audio juga tidak akan hidup.

    Sekring Tail

Sekring Tail atau bisa di sebut juga dengan sekring lampu kota selain berfungsi untuk lampu kota, sekting tersebut juga berfungsi untuk menyalakan lampu – lampu LED yang berada di panel depan tape mobil.

Nah, untuk sekring Back Up dan sekring Tail berada di fusebox atau rumah sekring di ruang mesin dan sedangkan untuk sekring ACC yakni terletak pada rumah sekring yang berada dekat dengan paedal gas atau di belakang tuas untuk bika kap mesin.

Maka dari itu letak sekring lampu dalam satu lampu ruangan yang berada pada monil Avanza menjadi satu dengan sekring lampu Rem. Nama sekringnya yaitu STOP, tempat sekring tersebut masih berada di rumah sekring yang berada di ruang mesin. Sekring urutan ke lima dari sekring banck Up. Sekring STOP atau sekring lampu ruangan 10 Ampere yang berwarna merah.
-----------------------------
19. Cara Memperbaiki Mobil Yang Susah Dihidupkan di Pagi hari – Pernahkah anda mengalami masalah pada saat menghidupkan mobil di pagi hari. ? Setiap hari orang yang mempunyai rutinitas untuk berangkat bekerja terkadang langsung mengidupkan mobil, namun jika mobil anda mengalami mogok atau susah di hidupkan di pagi hari hal tersebut akan membuat anda terganggu dan akhirnya anda telat berangkat kerja, pastinya anda akan merasa jengkel bukan. Lantas mengapa bisa terjadi hal seperti itu ? dan apa penyebabnya sehingga mobil anda mogok atau susah hidup di pagi hari ?

Jika anda mengetahuinya banyak penyebab mobi yang susah di hidupkan di pagi hari. Nah, pada artikel kali ini kami, spekengine.com akan memberikan tips dan trik cara untuk memperbaiki mobil yang susah di hidupkan di pagi hari. Baca terus informasi lengkapnya di bawah ini.

Memperbaiki Mobil Yang Susah Dihidupkan di Pagi hari

Pertama biasanya terjadi di aki/baterai yang mengalami soak di pagi hari. Aki yang mengalami soak tersebut bisa menyebabkan mobil tidak bisa di starter. Untuk masalah tersebut mungkin aki pada mobil anda sudah rusak atau bisa juga cairan aki tawar yang bisa menyebabkan aki tidak bisa menyimpan strum dalam waktu yang lama. Nah, trik untuk memperbaikinya yaitu anda bisa menguras aki terlebih dahulu. Dan untuk menghidupkannya anda harus mendorong mobil tersebut namun hal tersebut hanya bisa anda terapkan di mobil yang masih menggunakan transmisi manual, jika mobil anda sudah menggunakan transmisi otomatic tentunya hal tersebut tidak bisa.

Selanjutnya penyebab susahnya mesin mobil di hidupkan di pagi hari yaitu karena karburator yang berada dalam mobil anda kebanjiran/banjir. Untuk memperbaikinya yaitu anda harus membersihkan karburator dan mengecek jarum pelampungnya.

Selain dua hal penyebab di atas yaitu bisa saja di sebabkan oleh busi yang sudah melemah. Busi yang sudah lama biasanya sudah tidak sempurna lagi untuk memercikan bunga api saat di pagi hari. Nah, untuk memperbaikinya anda harus mengecek kondisi busi yang telah di gunakan pada mobil anda. Jika busi terlihat kotor maka anda harus membersihkannya.

Nah, itulah tips dan trik untuk memperbaiki mobil anda yang mogok atau susah di hidupkan saat di pagi hari. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.
-----------------------------
20. Tips Cara Mengganti Kampas Kopling Dengan Mudah – Jika anda belum mengetahui apa fungsi dari kampas kopling ? Mampas kopling yang berada di kendaraan yaitu berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran mesin ke transmisi, itulah fungsid ari kampas kopling. Salah satu komponen pada kopling yaitu ialah kampas kopling. Jika anda mengetahuinya bahwa komponen kampas kopling yang berada dalam mesin tersebut sering bergesekan maka seiring waktu yang bejalan maka kampas kopling akan aus. Nah, jika kampas kopling sudah mengalami ke ausan maka akan menyebabkan kurangnya tenaga pada mesin atau bisa di sebut juga dengan lost power.

Hal tersebut di karenakan pada putaran mesin tidak sepenuhnya di teruskan ke transmisi karena mengalami slip akibat ke ausan pada komponen kampas kopling. Salah satu ciri – ciri kampas kopling sudah mengalami keausan yaitu pada tariakn mesin akan terasa ngeploss pada putaran tinggi. Bila kampas kopling pada sepeda motor anda sudah mengalami tips akibat sudah terlalu banyak gesekan seiring waktu yang cukup lama, anda harus mengganti kampas kopling yang baru dengan cara di bawa ke bengkel terdekat atau anda juga bisa menggantinya sendiri jika anda tau cara menggantinya. Jika anda belum mengetahuinya, anda bisa ikuti terus artikel yang kami berikan ini, Kali ini kami spekengine.com akan membahas cara mengganti kampas kopling sendiri dengan mudah.

Cara Mengganti Kampas Kopling

Cara Mengganti Kampas Kopling dengan Mudah

Cara Mengganti Kampas Kopling Sendiri Dengan Mudah :

Untuk mengganti kampas kopling sendiri sebenarnya cukup gampang dan juga mudah. Hal pertama yang harus anda lakukan terlebih dahulu yaitu keluarkan dulu oli yang berada di dalam mesin dengan membuka baut tap. Selanjutnya jika oli sudah keluar semua dari mesin anda lepaskan bak kopling dengan menggunakan kunci T (Biasanya kunci T yang di gunakan ialah Nomer 10).

Akan tetapi sebelumnya anda harus melepaskan terleebih dahulu kick starter dengan melepas baut pengunci pada kick starter. Setelah bak kopling terlepas maka anda akan melihat dua lingkaran yaitu kopling utama dan kopling ganda atau bahasa lainnya kopling sentrifugal pada sepeda motor bebek. Untuk melepaskan komponen tersebut yakni anda cukup dengan melepaskan baut pengikatnya saja yang biasanya berjumlah 4 atau 6 buah baut. Setelah anda membuka baut tersebut maka rangkaian yang terdiri dari pegas atau yang di sebut juga dengan per, mangkuk penekan, plat penekan dan juga kampas kopling akan terurai.

Akan tetapi yang harus anda perhatikan ialah cara untuk melepas baut perangkat tersebut. Pasalnya pada baut tersebut telah tertekan oleh pegas maka anda harus melakukannya dengan benar, besar kemungkinan baut akan dol atau slact. Bahkan baut tersebut bisa jadi akan patah.

Untuk mengetahui cara sebenarnya yaitu anda cukup gampang dan simpel yaitu dengan mengendorkan baut secara merata tidak melepas dengan satu – satu, jadi anda harus membuka baut tersebut secara zigzag. Kendorkan satu baut terlebih dahulu kemudian anda kendorkan semua baut dan jika baut sudah kendor semua baru anda lepas baut terebut satu per satu, lalu anda tinggal ganti kampas kopling dengan kampas kopling yang abru.

Nah, cara tersebut cukup mudah bukan untuk anda lakukan untuk mengganti kampas kopling sendiri ? Demikianlan informasi yang bisa kami berikan untuk anda mengenai cara untuk mengganti kampas kopling sendiri dengan mudah. Semoga bermanfaat untuk anda. dalam mengganti kampas kopling pada sepeda motor yang anda sayangi.
-----------------------------
21. Cara Perbaiki Starter Motor Yang Rusak Dengan Mudah – Salah satu komponen pada motor yang terbilang penting yaitu ialah starter. Bila motor anda di lengkapi dengan adanya kick starter, jika starter anda tidak berfungsi tidak masalah. Karena dengan kick starter anda masih bisa menghidupkan mesin dengan di slah, tanpa harus menggunakan starter. Akan tetapi pada motor – motor terbaru saat ini sudah banyak yang tidak menggunakan kick starter. Lantas apa jadinya jika starter sepeda motor anda tidak berfungsi ? Solusinya yaitu dengan cara di dorong. Hal tersebut tentu saja sangat merepotkan kita.

Untuk mengatasi starter tidak berfungsi pada sepeda motor, tentu saja anda harus mengetahuinya terlebih dahulu penyebab awal atau gejala awal dari kerusakan pada starter motor tersebut. Biasanya gejala – gejala awal starter mengalami kerusakan yaitu menimbulkan suara kasar ketika anda menghidupkan mesin dengan cara di setarter, atau bahkan tidak ada suara sama sekali saat tombol starter di pencet/tekan.

Perbaiki Starter Motor Yang Rusak

Nah, jika tombol starter di tekan namun motor starter tidak berputar alias hanya diam saja, maka kemungkinan besar di sebabkan oleh aki motor yang sudah mengalami lemah. Kerusakan pada sistem starter motor bisa di sebabjan oleh empat komponen yakni, baterai, relay starter, rangkaian, dan pada motor starter itu sendiri. Bagai mana kah cara pemeriksaannya ? Berikut ini kami akan beriakan cara – cara pemeriksaan dan perbaikan pada starter motor. Pemeriksaan dan Perbaikan Starter Motor :

Pemeriksaan pada Aki/baterai

Pada komponen baterai merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada sepeda motor, pasalnya komponen tersebut berfungsi sebagai sumber kelistrikan motor yang salah satunya juga untuk sistem starter. Jika pada saat tombol starter di pencet, akan tetapi motoy starter atau juga biasa di sebut dengan dinamo starter diam atau tidak berfungsi, maka pertama kali yang harus anda lakukan adalah mengecek baterai. Cara untuk mengeceknya yaitu anda harus menggunakan multimeter atau anda juga bisa menggunakan alat avo meter untuk pengecekan tegangan baterai yang di hasilkan. Tergangan baterai yang bagus ialah tidak kurang dari 12 Volt. Jika mengalami kekurangan pada tegangan baterai ada dua kemungkinan yaitu pada sistem pengisian yang bermasalah atau memang baterainya yang sudah rusak.

Pemeriksaan Rangkaian pada Starter

Jika pada baterai atau aki motor tidak ada masalah langkah selanjutnya ialah anda harus memeriksa rangkaian starter. Pertama yang harus anda cek dari rangkaian starter yaitu dari kabel yang mungkin terputus, pada socket – socket atau tombol starter yang sudah kotor dan berkarat. Cara pemeriksaannya yaitu dengan menggunakan multimeter, periksalah apakah arus listrk mengalir atau tidak. Kalau ada kabel yang putus maka sebaiknya anda hrus menggantinya yang baru atau jika terpaksa anda bisa menyambungkan kembali kabel yang terputus tersebut. Jika tombol starter kotor bersikan dengan menggunakan ampelas halus.

Pemeriksaan Pada Relay Starter

Pada komponen tersebut yakni berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk menyambung dan memutuskan aliran arus listrik yang cukup tinggi dari baterai menuju ke motor starter. Bagi anda yang ingin tau cara mnegeceknya yaitu dengan cara, sambung dua kabelke baterai min dan plus (-,+), nah jika anda mendengar suara cetak berarti masih bagus. Nah jika anda tidak menemukan suara tersebut maka kemungkinan besar bendik sudah mengalami kerusakan dan mati. Komponen tersebut tidak bisa anda berbaiki, melainkan anda harus menggantinya yang baru.

Pemeriksaan pada Motor Starter (Dinamo)

Pada hal ini biasanya kerusakan pada motor starter jarang terjadi, namun apa salahnya kita harus memeriksanya juga. Cara untuk memeriksa motor starter yaitu dengan cara menggunakan multimeter dengan cara probe (+) di hubungkan dengan kabel yang menuju ke motor starter dan probe (-) anda hubungkan dengan massa. Setelah itu anda tekan tombol starter dan periksa apaka ada arus listrik yang mengalir atau tidak. Jika ada arus listrik yang mengalir maka bisa di pastikan motor starter mati. Kerusakan pada motor starter di sebabkan adanya dua kemungkinan yaitu brush sudah aus atau juga bisa pada kumparan terputus. Kalau cuma brushnya saja yang aus, anda bisa menggantinya dengan yang baru, akan tetapi jika kumparannya (spull) yang terputus sebaiknya di bawa ke tukang service dinamo saja.

Itulah cara pemeriksaan dan perbaikan pada Starter Motor yang sudah rusak. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda yang sedang mengalami kendala pada motor kesayangan anda pada sistem starternya.
-----------------------------
22. Cara Bore Up Motor Mio Menjadi 150CC, Untuk Harian – Hai bro.. kembali lagi di spekengine.com, kali ini kami akan memberikan informasi lagi mengenai cara bore up yamaha mio supaya kapasitas silindernya bertambah menjadi 150cc. Seperti yang kanda telah ketahui sendiri bahwa untuk melakukan bore up ada beberapa komponen yang harus di rubah dan di ganti untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada motor anda ketika di bore up.

Untuk melakukan bore up pada mesin mio yang memiliki kapasitas silinder 113,7 cc yakni ada dua cara agar mesin mio bertambah cc nya menjadi 150cc. Nah, bagi yang mempunyai sepeda motor mio dan ingin menambah kapasitas silinder menjadi 150cc, berikut ini adalah langkah – langkah nya.

Cara Bore Up Motor Mio Menjadi 150CC, Untuk Harian

Ada dua cara yang bisa anda lakukan yaitu :

1) pertama anda harus menaikkan diameter piston yamaha mio yang setandarnya yaitu cuma 50 milimeter. yakni misalnya anda mengganti dengan piston berdiameter 57 milimeter, pada langkah tersebut, ukuran piston yang di gunakan melengserkan standar mio yang berdiameter 57 milimeter. Ya, dengan perhitungan (1/4 x 3.14 x (57)² x 57.9) : 1000, maka akan menghasilkan kapasitas silinder menjadi sebesar 147.67 cc.

Untuk memasukan piston yang berukuran besar, dan mengganti liner standar misalnya dengan memakai milik Suzuki thunder 125, selain itu juga anda bisa menggantinya dengan piston dari Honda GL Neo tech dan yamaha Vixion yang bisa menaikkan cc pada mesin mio. Khususnya jika anda memakai piston thunder dan vixion, penyesuaian pada diameter pun juga mesti anda lakukan, di karenakan bawaan mio 15 milimeter dan pin thunder juga vixion 14 milimeter.

2) Langkah kedua yaitu lakukanlah pembesaran pada diameter piston dengan memperpanjang langkah. maksuda dari langkah ke dua ini yaitu anda harus memperbesar piston + naik stroke, dengan adanya langkah tersebut maka perpaduan akan menambah diameter piston dengan memasukan ukuran 54.5. Sedangkan untuk membuat langkah tambah panjang di buat ukuran total 6 milimeter, ukuran ini di anggap yang paling pas. Karena jika di masukkan ke dalam rumus, hasil perkalian dan pembagian ketem dengan kapasitas mesin menjadi 148.99cc.

Dibandingkan dengan hanya menaikkan kapasitas mesin, pengerjaan pada langkah kedua ini lebih lama, pasalnya harus ada proses untuk membelah mesin untuk memasang troke baru. Pada pengaplikasian ini tidak memerlukan boring, akan tetapi penyesuaian pin diperlukan pada beberapa piston yang bsia di gunakan. Seperti halnya seher bawaan yamahajupiter dan juga kawasaki kaze yang ukuran diameternya 13 milimeter. Jika di pasangnya dengan emnggunakan piston suzuki shogun atau yamaha jupiter mx tidak perlu anda mengganti pin.
-----------------------------
23. Cara dasar Bubut Noken As di Sepeda Motor – Pada iranti Noken as akan berfungsi dengan baik pada waktunya dan bekerja menurut durasi yang sudah di tentukan dan berakhir dengan tepat waktu. Maka dari itu tidak berguna jika kita membuat noken as ekstrim untuk motor yang masih standar, dan juga kurang pas kalau noken as du buat agar mesin bertenaga di putaran mesin yang tinggi, akan tetapi di pakai untuk motocross.

Yang lebih penting lagi ialah pemasangan pada camshaft dan dialing noken as sehingga mau membuka dan menutup sesuai yang kita mau. Nah bagaimanakah setelan klep yang pas, berapa drajat overlapping yang di mau, berapa lobe separation angel yang di butuhkan dan di mana tempat lobe center di posisikan, serta maximum klep lift di engine tidak cuma lobe lift.

Bubut Noken As di Sepeda Motor

Itulah skil untuk mengolah data yang kita inginkan menjadi sistem brita untuk kita dalam menentukan riset mesin berjenis balap, Nah bagai manakah jika efek setelah, pada RPM berapa noken as bekerja dengan baik, pada RPM yang mana noken as lemah. Ketika kita bercanda bersama mesin lalu pembalap akan mencoba motor pada track untuk memberikan balesan positif untuk engine akan menjadikan kita sebuah pemerintahan yang baik.

Bagaimanakah untuk mengetahui durasi camsahft, pada bahasa internasional pada camshaft durasi akan di ukur pada saat bukaan klep atau angka dial gauge yang menunjukan pada angka 0,050 inci atau sama dengan 1,27 milimeter. Agar lebih mudah kami akan berbagi contoh cara menghitung durasi pada niken as Yamaha Vega r dengan intake membuka 27 drajat sebelum titik mati atas (TMA) dan menutup pada 53 drajat setelah titik mati bawah (TMB).

Cara menghitung durasi LC, dan LSA :

    Durasi Exhouse manifold : 55 + 150 + 29 = 264 drajat
    Durasi Inte Intake manifold : 27 + 180 + 53 = 260 drajat
    Lobe center Exhouse manifold : 264/2 – 29 = 103 drajat
    Lobe center Intake 260/2 – 27 = 103 drajat
    LSA = 103 drajat

Nah dari LSA ini kalian akan mengetahui karakter sebuah camshaft, dari letak posisi LC, anda juga akan bisa menentukan maksimum lift apakah sudah tepat atau belum, dan selanjutnya dari durasi akan di ketahui pada RPM beberapa dia akan bekerja dengan baik. Demikianlah informasi yang bisa kami informasikan untuk anda.
-----------------------------
24. Cara Mudah Setting Main Jet dan Pilot Jet Pada Mesin Karburator – Jika sebelumnya kami memberikan informasi mengenai cara Bore up Harian Motor Suzuki Fu 150. Nah kali ini spekengine akan memberikan informasi lagi mengenai mensetting Pilot jet dan Main jet di karburator. Sperti yang telah kita ketahui terkadang kita belum puas dengan settingan mesin, kalau motor kita sudah di korek/bore up maka main jet dan pilot jet karburator perlu anda setting ulang. Ya, tergantung settingan korekan motor masing – masing, yang terpenting bedakan rasa tarikan motor pada mesinnya. Selanjutnya lakukanlah penyetelan gas dan angin dengan tepat.

Jika motor anda di geber atau di gasfull terus pada kecepatannya kurang atau tarikannya kurang maka settingan main jet kurang pas. Cobalah anda naikkan setelan menjadi 5 aka dulu. Lalu cobalah anda tarik gas terlebih dahulu. Nah, jika pada tarikan gas yang tinggi masih ada jeda pada pasokan bensin/masih brebet, bisa jadi main jet masih kurang settingannya.

Setting Main Jet dan Pilot Jet

Maka anda bisa naikan lagi dengans atu step atau bisa jadi sampai 7 atau 7,5 angka. Nah, biasanya bagi anda yang motornya sudah di bore up harian kenaikan tersebut sudah cukup tinggi. Sebaliknya jika anda tarik gas di putaran atas pada motor anda masih mengalami brebet, itu artinya pada step pada main jet terlalu besar dan harus anda turunkan. Selain motor brebet, setelan pada main kebesaran bisa mengakibatkan bensin akan lebih boros. Besin akan terbuang dan pembakaran tidak sempurna atau tidak maksimal.

Anda bisa melihatnya dari busi, kalau cepat sekali maka akan hitam, berati pada setelan main jet terlalu besar, anda juga bisa mengetahui ciri – ciri kondisi pada tema busi. Sementara untuk settingan pilot jet karburator, cobalah hal berikut ini. Pertama anda nyalakan motor anda, jika motor anda susah untuk di hidupkan setelah di lakukan penyetelan atau motor anda bisa hidup akan tetapi pada putaran bawah nampak seperti ada jedaatau kosongnya tarikan seperti bensin tidak mengalir. Nah, itu artinya pada pilot jet tidak pas, dan anda harus menyettingnya.

Cara untuk menaikannya juga bertahap, yakni sama seperti kenaikan pada main jet, cobalah anda naikkan 5 angka terlebih dahulu, nah jika masih kurang bisa anda naikan lagi satu step lagi hingga 7 atau sampai 7,5 angka. Ya, tetntu saja, tergantung karakter mesin pada motor anda dan juga jenis karburatornya. Namun biasanya settingan pilot jet dan main jet pada karburator tidak sampai 10 step.

Demikianlah informasi yang kami berikan untuk anda tentang bagai mana cara setting main jet dan pilot jet pada mesin karburator. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Trimakasih.
-----------------------------
25. Cara Mudah Memperbaiki Motor Injeksi Yang Mogok – Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini jamannya sepeda motor dengan menggunakan mesin bersistem injeksi. Walaupun Motor yang masih menggunakan karburator masih banyak. Namun kebanyakan saat ini sudah menggunakan teknologi Injeksi.

Nah jika sepeda motor dengan system injeksi mogok, tentu saja perbaikannya berbeda dengan motor yang masih menggunakan system karburator. Pasalnya pada sepeda motor yang sudah menggunakan system injeksi semua komponennya sebagian sydah menggunakan komponen elektronik. Jadi bagai manakan untuk memeriksanya ? dan memperbaiki motor injeksi mengalami mogok ? Berikut ini adalah cara untuk memeriksa dan memperbaikinya.

Memperbaiki Motor Injeksi Yang Mogok

Cara pengecekan dan memperbaiki sepeda motor dengan system Injeksi :

1. Aki

Pertama yang harus ada cek terlebih dahulu yaitu aki, pastikan aki pada motor anda masih ada arus listriknya atau tidak. Jika aki yang di gunakan pada motor injeksi sudah soak atau ngedrop fuel pam akan kekurangan daya setrum. Dan jika hal itu terjadi, cobalah anda menggunakan kick starter berulang – ulang untuk menghidupkan mesinuntuk melakukan pengisian daya listri pada baterai/aki.

2. Fuel Pump

Selanjutnya cek fuel pump atau yang di sebut dengan pompa bensin yang berada di dalam tengki motor menyala atau tidak. Jika anda ingin mengetahui fuel pump menyala atau tidak anda harus memitar kunci kontak ke posisi On. Jika pompa bensin tersebut berjalan dengan baik cirinya terdengar adanya suara pada tengki bensin motor anda. Jika tidak terdengan suara pada tengki bensin motor anda tidak terdengar suara seperti dynamo pada tengki motor anda, hal trsebut harus anda lakukan pemeriksaan terhadap fuel pump/pompa bensin. Jika pompa bensin mati motor tidak akan hidup.

3. Busi

Jika dalam pengecekan Aki dan fuel pump dalam kondisi normal, Maka langkah selanjutnya anda cek kondisi busi yang telah di pakai pada sepeda motor injeksi anda. Alangkah baiknya di ganti dengan yang baru jika tidak focus.

Itulah cara pengecekan pada motor ijeksi yang mengalami mogok. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk anda.
-----------------------------
26. Cara Alternatif Memperbaiki Coil, Pada Sepeda Motor Ketika Di Jalan – Pengertian coil/koil pada sepeda motor yaitu berfungsi untuk menaikkan tegangan dari aki. Tegangan baterai/aki yang semulannya hanya 12 volt setelah melalui coil akan menjadi 18.000 volt. Tegangan dari koil tersebut yang nantinya akan di alirkan ke busi yang akan di gunakan sebagai pematik api pada ruang bakar di sepeda motor. Maka dari itu koil berperans angat penting dalam pengapian. Nah, apa sajakah akibatnya jika koil mengalami kerusakan atau sudah tidak normal ? dan bagaimana kah cara memperbaikinya ?

Langkah awal yang harus anda lakukan yaitu ialah mengenali gejala – gejala yang muncul ketika kondisi koil akan mengalami kerusakan atau mati.

Cara Alternatif Memperbaiki Coil

    Berkurangnya umur pada busi. Meskipun telah di ganti yang baru, busi akan tetap mati atau rusak.
    Kondisi mesin akan mengalami brebet pada sugu yang lumayan tinggi/panas. Akan tetapi jika kondisi mesin dingin akan berjalan dengan baik/normal.
    Pada kondisi mesin yang sudah mengalami panas, mesin tersebut kembali menjdi brebet yang nantinya akan mati. Jika mesin kondisi dingin maka akan menjadi normal lagi.
    akan mengalami pengurangan jarak ketika melakukan pengecekan loncataan tegangan arus listrik yang berasal dari kabel busi.

Jika hal tersebut di alami oleh motor yang anda miliki, maka kemungkinan kendalanya di koil yang sudah mulai melemah atau sudah rusak. Oleh karena itu mau tidak mau anda harus menggantinya yang baru, akan tetapi dalam kondisi tersebut kita masih bisa memanfaatkan kondisi kota tersebut dengan menggunakan cara sebagai berikut.

Supaya koil tetap berada pada kondisi dingin, maka hal yang harus kita lakukan yaitu membungkus koil dengan kain yang sudah di basahi. Cara tersebut akan cukup efektif jika menggunakan sepeda motor dengan jarak yang dekat. Jika motor yang anda miliki untuk menempuh jarak jauh, maka jangan lupa sediakan stok air yang banyak.

Selain itu anda juga bisa merapatkan celah busi pada motor anda. Hal ini bertujuan utnuk memperkuat arus yang akan masuk ke busi. Pastikan juga komponen – komponen yang sebelumnya terpasang di koil bekerja dengan normal.

Sekian informasi yang bisa kami berikan untuk anda mengenai cara memperbaiki koil sepeda motor yang rusak ketika di jalan. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat dan bisa membantu anda dalam memperbaiki koil yang sudah rusak.
-----------------------------
27. Cara Mengganti Saringan Oli Pada Motor Yamaha Vixion – Untuk anda yang mempunyai motor yamaha vixion, anda perlu mengganti filter oli secara berkala. Sebelum melangkah lebih jauh ke cara mengganti filter oli pada motor vixion, alangkah baiknya anda harus mengetahui terlebih dulu mengenai filter oli atau bisa juga di sebut dengan saringan oli. Fungsi dari filter oli yaitu untuk menyaring kotoran yang berada di oli sebelum di alirkan ke komponen – komponen mesin. Jika usia pakai filter oli sudah lama biasanya akan menyebabkan terjadinya penyumbatan oleh kotoran – kotoran yang tersaring pada saringan oli atau filter oli tersebut. Jika sudah mengalami penyumbatan tentu saja akan menggangu sirkulasi oli di dalam mesin. Oleh sebab itu Filter oli perlu di ganti secara berkala jka usianya sudah lama.

Jika saringan oli sudah mengalami penyumbatan, otomatis akan menyebabkan debit oli yang mengalir akan berkurang dalam mesin. Jika hal tersebut di biarkan saja maka proses pelumasan pada mesin kurang maksimal dan mengakibatkan komponen pada mesin akan mengalami keausan pada noken as dan rocker arm. Oli yang berada di bak oli akan di pompa dan sebelum di alirkan ke kepala silinder akanterlebih dahulu melewati saringan oli agar kotoran tidak ikut terbawa.

ganti saringan oli motor vixion

Sebenarnya jika kondisi saringan oli masih dalam kondisi belum terlalu parah anda bisa membersihkannya. Untuk saringan oli yang berbahan kasa biasanya terletak di bagian bawah mesin seperti motor bebek, cara membersihkannya yaitu dengan menggunakan udara bertekanan. Nah, jika saringan oli berjenis kertas yang berada di motor vixion maka tidak bisa di bersihkan melainkan harus di ganti maksimal setiap 9000 km.

Pada saringan oli jenis kertas ini kotoran sangat mudah sekali menempel dan jika sudah tersumbat maka akan terjadi pelumasan mesin yang tidak maksimal. Oleh sebab itu anda harus memperhatikan penggantian filter oli pada sepeda motor yamaha vixion. Cara untuk menggantinya cukup mudah, berikut ini kami berikan langkah – langkah untuk mengganti saringan oli pada motor vixion.

ganti filter oli motor vixion
Inilah Cara Mudah Untuk Mengganti Saringan Oli Pada Motor Yamaha Vixion :

    Pertama siapkan terlebih dahulu saringan oli baru untuk yamaha vixion
    Siapkan kunci T ukuran 8 untuk melepas tiga baut pengikat tutup saringan oli pada bak mesin yang berada di sebelah kanan. dekat lubang pengisian oli.
    Setelah membuka tiga baut pengikat tutup saringan oli, lalu angkat filter olinya.
    Selanjutnya pasang filter oli baru dan pasang lagi penutup[ saringan olinya. dan selesai.

Bagaimana mudah kan untuk mengganti saringan oli pada motor yamaha vixion. Setelah anda mengganti saringan oli yang baru maka sistem pelumasan pada motor vixion bisa bekerja dengan maksimal lagi. Demikianlah info yang kami berikan mengenai cara mengganti filter oli Yamaha vixion
-----------------------------
28. Tips dan Cara Memperbaiki Karburator Yang Bermasalah – Karburator pada sepeda motor adalah salah satu komponen vital. Jika karburator mengalami kerusakan, settingan tidak tepat dan juga sudah mengalami kotor atau berkerak. Maka kecepatan pada kendaraan tersebut akan tidak maksimal dan terganggu. Fungsi dari karburator sendiri yakni mengabutkan bahan bakar dengan udara dan selanjutnya akan di alirkan di ruang pembakaran. Beberapa kasus pada pemilik sepeda motor mengaku bahwa kerap menghadapi masalah walaupun sebelumnya kendaraan mereka dalam keadaan baik.

Keluhan yang kerap terjadi pada karburator yakni pada saat stasioner putaran mesin permenit atau yang sering kali kita sebut dengan RPM tidak setabil. Jadi ketika motor di panaskan atau dalam keadaan diam dan pengendara tidak merik gas makan secara tiba – tiba suara mesin akan keras dan tidak lama kemudian engine akan kembali melemah. dan begitu seterusnya. Lalu bagai manakah cara mengatasinya ? Kami spek engine akan memberikan tips dan triknya di bawah ini :

Cara Memperbaiki Karburator Yang Bermasalah

Mesin tersendat pada saat stasioner

Pada permasalahan di atas terjadi karena, pada campuran bahan bakar dan udara yang berada di venture yakni lubang karburator dengan udara tidak cukup banyak dan seimbang. Maka terjadilah proses pembakaran tidak sempurna.

Nah, kalau pembakaran sudah tidak sempurna, maka gentakan tenaga untuk mendorong piston yang akan menggerakan motor akan menjadi lemah dan tidak bertenaga. dan akibatnya mesin akan tersendat – sendat dalam istilang bengkel yakni brebet.

Perbaikan :

    Untuk mengatasi permasalahan di atas yakni anda harus putar setelan skrup udara searah jarum jam atau arah menutup. Hal tersebut bermaksud agar memperbanyak campuran udara dengan bahan bakar.
    Langkah ke dua yaitu pindahkan posisi pilot jet ke tingkat yang lebih besar.
    Setelah itu anda harus ganti jarum skep atau throttle dengan emnggunakan jarum yang berdiameter lebih kecil. Hal tersebut bermaksud supaya campuran udara dengan bahan bakar di venturi akan di semprotkan ke ruang bakar mesin akan lebih besar.

Mesin mengalami penurunan tenaga atau tenaga menjadi lemah

Permasalahan ini sama persis dengan permasalahan yang pertama di atas, yakni pada campuran bahan bakar dan udara yang tidak sempurna seperti ukuran normal yang telah di tentukan oleh pabrikan. Untuk memperbaikinya, anda cukup mengganti main jet dengan ukuran yang lebih besar. Penyebab seperti itu terjadi karena asupan bahan bakar tidak sesuai dengan ketentuan standar pabrik.

Sepeda motor terlalu banyak mengeluarkan asap berwarna hitam

Seperti pada umumnya para mekanik di bengkel – bengkel menyebut masalah tersebut ialah karburator terlalu basah, artinya pada asupan bahan bakar ke lubang venturi terlalu banyak dari tekanan seharusnya. Nah maka dari itu sebaliknya udara yang masuk terlalu sedikit.

    Nah, bagi anda yang motornya sering mengalami permasalahan tersebut anada bisa memperbaikinya dengan melakukan beberapa langkah yaitu :
    putarlah skrup setelan udara keluar atau ke arah melepas, hal ini bermaksud untuk memperkaya udara di venturi
    Gantilah pilot jet ke nomor yang lebih kecil
    Setelah itu gantilah jarum skep dengan jarum yang berukuran lebih besar.

Putaran mesin melemah

Kondisi seperti ini bisa terjadi karena bahan bakar yang masuk ke lubang venturi karburator tidak sebanyak dari tekanan yang telah di rancang oleh pabrikan. Maka sebaliknya asupan udara yang menjadi lebih banyak. Cara untuk memperbaikinya anda bisa melakukan dua langkah yaitu :

    langkah pertama anda harus menggantinya dengan menggunakan jarum skep yang berukuran lebih kecil. Hal tersebut agar campuran bahan bakar dan udara akan lebih banyak
    Langkah ke dua yaitu putar skep setelan udara ke arah jarum jam atau mengencangkan sehingga udara yang masuk ke lubang venturi akan di tekan kuat ke arah ruang pembakaran.

Akselerasi motor sulit untuk bertambah dan tenaga mesin datar

Terakhir jika anda mengalami masalah tersebut pada sepeda motor anda, berarti pada bagian campuran udara dan bahan bakar yang ada di dalam karburator terlalu banyak atau melebihi tekanan yang telah di sesuaikan. Biasanya para mekanik menyebutnya karburator banjir. Cara untuk mengatasi hal tersebut anda bisa lihat di Cara Mudah Memperbaiki Karburator Banjir.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan untuk anda mengenai cara untuk memperbaiki karburator yang rusak atau bermasalah. Semoga info di atas bermanfaat untuk anda.
-----------------------------
29. Inilah Penyebab As Roda Truck Patah Atau Rusak – Biasanya kendaraan mobil truck memang di tujukan untuk mengangkut kapasitas atau muatan barang yang kapasitas nya berat. Bahkan kebanyakan di tanah air muatannya sering melebihi kapasitas yang telah di rekomendasikan produsen kendaraan. Salah satu yang sering kali terjadi pada mobil truk ini ialah masalah pada As rodanya. Sebenarnya komponen tersebut jarang rusak, namun jika ada yang bermasalah bisa – bisa As roda bisa sering mengalami patah.

Penyebab pada komponen As roda mengalami patah atau rusak, yakni banyak sekali factor penyebabnya dari bulai beban muatan yang melebihi kapasitas sampai As roda tersebut tidak kuat untuk menerima beban yang melebihi kapasitas. Selain itu juga As roda sudah termakan usia yang cukup lama.

Akan tetapi jika As roda dalam keadaan baik, maka komponen tersebut jarang rusak atau patah. Lantas apa saja kah yang mengakibatkan as roda sering patah ? Nah kali ini spekengine.com akan memberikan informasi selengkapnya mengenai penyebab As roda sering patah.

Penyebab as roda patah

Penyebab as roda patah2

Penyebab Ar Roda Yang sering Patah Di Mobil Truck :

Kebanyakan sebab yang mengalami masalah tersebut yakni selongsong As roda atau bisa di sebut juga dengan rumah garden mengalami kebengkokan. Maka dari itu biasanya keadaan seperti ini menyebabkan As roda sering patah. Untuk mengetahuinya anda harus membuka dan di center ulang. Ciri – Cirinya bisa anda lihat pada saat pasang As roda, yakni As roda tidak menempel sempurna atau juga susah di masukkan.

Mungkin itu saja yang bisa kami informasikan penyebabnya jika As roda pada truck sering mengalami patah atau rusak. Sebenarnya jika As roda pada mobil truck anda awet maka anda harus mematuhi prosedur dalam membawa muatan, jangan sampai truck yang anda miliki sering membawa muatan yang melebihi kapasitas. Sehingga nantinya akan merusak As roda Mobil truck anda.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga informasi tersebut, bisa menjadi bahan pertimbangan anda. Yang memiliki mobil truck yang sering memuat barang – barang dengan kapasitas yang berat.
-----------------------------
30. Cara Mudah Membuat Charger Ponsel Di Motor – Perangkat handphone sekarang telah menjadi kebutuhan kita setiap hari untuk berkomunikasi dengan teman, saudara dan juga keluarga. Kemanapun kita pergi pasti kita membawa Hp yang kita miliki. Mungkin di atara kalian merasa kesal ketika smartphone yang anda gunakan kehabisan baterai pada waktu di perjalanan. Jika anda membawa powe bank mungkin bisa tikda menjadi kendala, nah kalau kamu tidak membawa power bank pastinya anda akan bingung kan mau mencarger di mana ? Han untuk itu anda juga bisa bereksperimen untuk membuat carger di sepeda motor. Ya, Dengan itu anda bisa mencarger smartphone anda ketika anda berada di perjalanan.

Untuk membuat carger Handphone di motor bukanlah hal yang sulit, bahan – bahan nya juga bisa di temukan di toko – toko yang menyediakan barang elektronik. Akan teteapi ada sebagian yang harus anda mengerti terlebih dahulu, pada dasarnya baterai/aki motor merupakan power bank yang bisa anda pakai untuk kebutuhan apa saja  yang berkaitan dengan kelistrikan. Pada sepeda motor, baterai/aki Sejatinya berfungsi untuk sumber arus listrik seperti lampu, starter dan juga masih banyak lainnya.

Cara Membuat Charger Hp Di Motor

Lalu apakah baterai pada sepeda motor mampu di gunakan untuk mengeces ponsel anda ? Tentu saja bisa. Akan tetapi kita harus menyediakan rangkaian. Pada aki motor pada umumnya mempunyai arus tegangan 12 v, nah sedangkan pada input tegangan ponsel adalah sekitar 3.7 v saja. Jika kita langsung menghubungkan dari baterai ke smartphone tetntu saja akan berlebihan tegangan atau arus yang di alirkan ke ponsel kita. Nah, Maka dari itu anda perlukan sebuah rangkaian regulator supaya bisa mengurangi tegangan/stepdown dari tegangan 12 Volt baterai nenjadi 3.7 V. Bagai manakah untuk membuatnya ? Berikut ini adalah langkah langkah pembuatan carger hp di sepeda motor.

Bahan yang harus anda siapkan :

    Saklar
    sekring
    kabel
    box
    USB
    PCB matrik
    Capasitor  juga 220uf/16v dan elco 2200uf/25v

Cara – cara Untuk membuat Charger handphone di sepeda motor :

    Pertama anda siapkan dulu solder dan juga tenolnya, serta bahan – bahan di atas. Selanjutnya tata bahan bahan di PCB dan rangkai seperti gambar yang ada di bawah ini.

rangkaian carger hp di motor

    Solderlah rangkaian tersebut serapih mungkin
    Pastikan saklar, sekring kabel in dan USB di kabel out
    Nah, yang harus anda perhatikan yaitu di USB yang anda pakai biasanya mempunyai empat kaki. Pada kaki kanan ialah plus (+) dan kaki kiri min (-), Nah sedangkan pada 2 kali yang terletak di tengan tidak usah di gunakan.

usb

    Masukan rangkaian tersebut ke dalam box supaya terlihat rapih.

Bagai mana mudah bukan untuk membuat carger ponsel di sepeda motor ? Pada rangkaian di atas yaitu menggunakan dua buah IC yang bertujuan agar memastikan arus tegangan yang masuk ke IC7805 ialah 12 v. ini bermaksud supaya IC7805 tak terlalu panas di karenakan tegangan dari baterai/aki motor bisa lebih dari 12 Volt.
-----------------------------
31. Tips dan Trik Memasang Oil Cooler Pada Sepeda Motor Dengan Benar – Bagi anda para penggemar sepeda motor, melakukan perawatan adalah salah satu hal yang wajib agar motor anda dalam kondisi baik dan performanya terjaga serta pastinya akan awet. Dengan begitu motor anda akan selalu aman ketika di bawa perjalanan jarak jauh.

Akan tetapi bagi anda yang suka bepergian jarak jauh dan seringkali motor anda mengalami keluhan seperti mudah panas, padahal anda suah sering melakukan perawatan pada motor ke sayangan anda. Nah untuk mengatasi kendala tersebut sering kali mnggunakan komponen tambahan yang di sebut dengan Oil Cooler, namun terkadang pada pemasangan komponen oil cooler masih sering menjadi kesalahan dan hasilnya akan berdampak buruk pada kondisi mesin motor yang anda sayangi.

Tips dan Trik Memasang Oil Cooler Pada Sepeda Motor Dengan Benar

Oleh karena itu kali ini kami spekengine.com akan memberikan informasi cara memasang Oil Cooler di sepeda motor anda dengan benar. Nah bagi anda yang penasaran anda bisa simak informasinya di bawah ini.

Terkadang banyak sekali salah kaparah untuk memasang komponen oil cooler. Yang di maksud pada hal tersebut yaitu jalur oil yang telah di potong masuk menuju pendingin oil makah di buat bercabang. Nah, hal tersebut akan mengakibatkan aliran peluas menuju tubuh mesin malah tidak maksimal kinerjanya. Dan kebanyakan juga yang pasang oil cooler di buat pararel dan hal tersebut sangat salah besar.

Maksud di pararel tersebut pada aliran arus pelumas dari pompa di bagi menjadi dua. Yang pertama menuju ke silinder head dan satunya lagi menuju ke oil cooler dan di teruskan ke bak filter. Dengan begitu aliran oil yang menuju mesin tidak banyak dan mengakibatkan pelumasan kurang maksimal dan membuat mesin motor anda menjadi cepat aus pada komponen lainnya.

Nah, biar tidak salah dalam pemasangan oil cooler pada sepeda motor yakni caranya di buat seri. Pada aliran pelumas dari pompa oil masuk semua menuju oil cooler, nah dari situ didinginkan dan di teruskan menuju mesin. Otomatis pelumasan akan menjadi maksimal dan mesin motor anda jadi semakin awet dan tahan panas.

Untuk mengetahui biaya pemasangan pelumasan oil cooler pada sepeda motor mesayangan anda tidak terlalu mahal, anda cukup meniapkan dana sekitar Rp 400 ribu saja. Demikianlah berita yang bisa kami sampaikan untuk anda mengenai cara memasang komponen oil cooler dengan baik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar