--> Skip to main content

Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Terasa Dingin dan Solusinya

Anda perlu mencari penyebab AC mobil tidak terasa dingin agar lebih mudah menentukan solusi paling efektif untuk masalah ini.

Namun tentunya, anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mencegah muncul kembalinya masalah ini. Dengan demikian, service yang anda lakukan tidak akan sia-sia.

Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Terasa Dingin dan Solusinya

Faktor Penyebab AC Mobil Tidak Terasa Dingin

Cukup banyak faktor yang menjadi penyebab munculnya masalah ini. Oleh sebab itu, menentukan penyebab dengan tepat akan membantu anda menemukan solusi terbaik. Adapun beberapa penyebab yang umum ditemukan antara lain adalah:

◾Berkurang atau Habisnya Jumlah Freon AC Mobil
Berkurang atau habisnya freon tentu akan menyebabkan AC mobil menjadi kurang atau bahkan tidak terasa dingin. Solusinya adalah dengan melakukan isi ulang freon AC mobil.

◾Kualitas Freon Hilang
Berkurang atau hilangnya kemampuan pendinginan freon akan menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin. Hilangnya kualitas freon ini biasa disebabkan karena seringnya terkena panas matahari, panas mesin, ataupun panas dari kompresor AC.
Solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan penggantian freon AC mobil.

◾Oli Kompresor Habis atau Berkurang
Oli kompresor sangat mempengaruhi kinerja kompresor AC mobil. Ketika kompresor AC mobil kinerjanya turun, AC mobil akan tidak dingin.
Solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan isi ulang oli kompresor AC mobil.

◾Kebocoran Kompresor AC Mobil
Kadangkala terjadi kebocoran kompresor sehingga kerja kompresor jadi drop. Penyebab kebocoran kompresor ini biasanya karena ada retak akibat korosi atau karat.
Solusi untuk masalah ini adalah dengan ganti kompresor AC mobil.

◾Fan Belt AC Mobil Putus
Fan belt adalah penyambung putaran mesin dengan kompresor AC. Tanpa adanya fan belt, kompresor AC mobil tidak akan berputar. Jika tidak berputar, kompresor AC mobil tidak mampu untuk menjalankan kondensor.

Untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan mengganti fan belt yang putus dengan yang baru.

◾Magnetic Clutch AC Mobil Rusak
Magnetic clutch atau pulley dapat rusak sehingga tidak lagi mampu berputar. Tanpa adanya kerja dari magnetic clutch, kompresor tidak akan berputar.
Untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan ganti magnetic clutch.

◾Evaporator AC Mobil yang Kotor
Salah satu penyebab AC mobil tidak terasa dingin yang sering ditemukan adalah evaporator yang kotor. Karena kotor, udara dingin tidak mampu melewati evaporator. Akibatnya, yang lewat hanyalah udara panas dan gerah, serta membawa kuman penyakit.

Masalah evaporator kotor ini tidak boleh dianggap remeh. Karena masalah ini dapat menyebabkan jatuh sakit. Untuk itu, pembersihan perlu dilakukan dengan cara melakukan cuci evaporator.

Itulah beberapa penyebab AC mobil tiba-tiba tidak terasa dingin. Dengan mengetahui penyebab masalah ini, anda kini tentu lebih tahu solusinya dengan lebih efektif.

Itulah beberapa penyebab dan solusi mengatasi masalah AC mobil yang tidak terasa dingin. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar